Akuntansi


Wira Ramashar, SE.,M.Ak

Wira Ramashar, SE.,M.Ak

Ketua Program Studi

Program studi Akutansi (S1) berdiri pada tahun 2008 dengan SK Nomor. 94/D/O/2008. Di awal berdirinya, Prodi Akutansi telah menerima mahasiswa baru. Pada tahun 2016, rodi Akutansi Universitas Muhammadiyah Riau telah terakreditasi oleh BAN-PT. 

Visi :

Menjadi Program Studi Akutansi Universitas Muhammadiyah Riau sebagai lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan lulusan sarjana ekonomi Akutansi  yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) berlandaskan iman dan taqwa (IMTAQ) tahun 2025 di Sumatera.

Misi :

1. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu akutansi yang berkualitas berbasis aplikasi teknologi akutansi dan memiliki daya saing serta jiwa enterpreneurship.

3. Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pengembangan keilmuan akutansi dan pemanfaatan perkembangan informasi sosial ekonomi.

4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tangung jawab sosial masyarakat yang berbasis ekonomi.

5. Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain, perusahaan dan institusi lainnya sesuai kebutuhan lapangan kerja. 

Prospek kerja bagi lulusan program studi Akutansi Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya menjadi :

1. Auditor Pemula

2. Akuntan Perusahaan

3. Akuntan Pemerintah

4. Manajer Investasi dan Wakil Perantara Pedagang Efek

5. Akademisi

6. Accounting Preneur

Kemampuan dan kemampuan lulusan prodi Akutansi Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya sebagai berikut :

1. Mampu melaksanakan proses audit sesuai standar audit yang berlaku di Indonesia.

2. Mampu menyusun laporan keuangan sesuai standar akutansi keuangan bagi entitas publik, entitas tanpa akuntabilitas publik dan entitas syari'ah.

3. Mampu menyusun laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

4. Mampu melihat peluang bisnis dan menganalisa strategi bisnis, mampu membuat konsep kegiatan, event dan produk yang dapat mudah dicerna pasar.

5. Mampu melakukan penelitian di bidang akuntansi dengan supervise dan mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok.

6. Mampu mengidentifikasi, memformulasi dan menyusun kebijakan akuntansi serta memberi solusi masalah pelaporan keuangan entitas berakuntabilitas publik dan ETAP.