Kimia


Fitra Perdana, S.Si., M.Sc

Fitra Perdana, S.Si., M.Sc

Ketua Program Studi

Program studi Kimia Universitas Muhammadiyah Riau berada di Fakultas MIPA dan Kesehatan yang berdiri di awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau. Pendirian prodi Kimia Universitas Muhammadiyah Riau sejalan dengan usaha pemerintah Riau dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan tenaga ahli di bidang ilmu kimia. Sejak tahun 2016, Prodi ini telah terakreditasi B BAN-PT dengan SK. No. 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011.

Visi

Menjadikan Program Studi KIMIA  sebagai suatu lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan lulusan yang menguasai bidang KIMIA serta dapat menerapkannya baik secara kemandirian maupun dalam bidang pekerjaan serta kependidikan yang berlandaskan kepada IMTAQ Islam sebenar-benarnya.

Misi

1. Mewujudkan keunggulan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasiskan kepada keilmuan KIMIA.
2. Menguasai dan mampu memanfaatkan Ilmu-ilmu KIMIA dalam setiap kegiatan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
3. Aktif menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilandasi oleh moral dan semangat Al-Islam Kemuhammadiyahan.
4. Aktif menciptakan iklim yang kondusif dalam menumbuh-kembangkan budaya mutu, pengembangan bidang Ilmu KIMIA serta penerapan IMTAQ Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan akademik dan luar akademik.

Tujuan

Menyiapkan mahasiswa Program studi KIMIA menjadi sarjana yang islami dalam penguasaan kemampuan akademik di bidang KIMIA yang profesional, bermarwah dan bermartabat yang mampu beramaliah dalam keilmuannya guna mewujudkan masyarakat yang madani dalam naungan keridhoan Allah SWT.
Mengamalkan, mengembangkan, menciptakan dan menyebarluaskan IPTEK berbasiskan keilmuan KIMIA yang berbudaya islami dalam rangka memajukkan peradaban dan kesejahteraan umat manusia.

Prospek kerja bagi lulusan program studi Kimia Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya menjadi :

1. Pengawas & Penjamin Mutu (QC-QA) Proses & Produk   
2. Asisten Peneliti Kimia di Lembaga Riset dan Pengembangan   
3. Pengelola dan Pengawas   
4. Teknopreneur Kimia

Kemampuan dan kompetensi lulusan prodi Kimia Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya sebagai berikut :

1. Lulusan Kimia mampu mengintegrasikan kegiatan pengawasan dan penjaminan mutu mulai dari bahan baku, proses hingga menjadi produk di industri, UKM/UMKM, Laboratorium Pemerintah dan Swasta sesuai standar yang berlaku seperti: SNI ISO/IEC 17025 (Standar Lab pengujian dan kalibrasi), ISO 15189 (Standar Lab medis), ISO 14001 (sistem managemen lingkungan), ISO 22000 (standar keamanan pangan), Good Laboratory Practices (GLP) dan Good Manufacturing Practices (GMP).
 
2. Lulusan Kimia mampu membantu peneliti dalam memecahkan permasalahan kimia dan mempublikasikan hasilnya dalam forum ilmiah dan penerbitan berkala ilmiah. Lulusan Kimia mampu melakukan pengelolaan dan pengawasan serta analisa kualitas lingkungan

3. Lulusan Kimia mampu menjadi Pengelola dan Pengawas Health, Environment, and Safety (HES) sesuai dengan OHSAS 18001(Sistem Managemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja)  Lulusan Kimia mampu mengaplikasikan IPTEKS di bidang Kimia untuk menghasilkan produk yang dapat dipasarkan serta pengembangan entrepreneurship.