Ilmu Komunikasi


Fitria Mayasari, M.A

Fitria Mayasari, M.A

Ketua Program Studi

Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau telah berdiri sejak 2008 terus mengikuti perkembangan kajian ilmu komunikasi. Di era kemajuan teknologi saat ini, masyarakat dituntut untuk melek dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi tersebut. Program studi Ilmu Komunikasi memiliki dua bidang konsentrasi yaitu (1) Film dan Penyiaran, (2) Jurnalistik.  

VISI :

Menjadi Program Studi yang Bermarwah dan Bermartabat dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia yang menguasai sikap, pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi dan seni ilmu komunikasi berlandaskan iman dan taqwa di tingkat nasional tahun 2020

MISI :

Untuk mewujudkan visi di atas, Program studi Ilmu Komunikasi memiliki misi sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang ilmu komunikasi yang berkompeten, berdaya saing, berintegras dan berjiwa wirausaha di bidang nasional.

2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan yang berdimensi Ilmu Komunikasi.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat dalam bidang penyiaran dan jurnalistik.

4. Mengintegrasikan nilai - nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dalam ilmu pengetahuan komunikasi dengan memanfaatkan teknologi.

Prospek kerja bagi lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi di antaranya menjadi :

1. Pelaku Media

2. Pelaku Rumah Produksi

3. Entrepreneur Bidang Komunikasi

4. Peneliti BIdang Komunikasi

Kompetensi dan kemampuan lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau adalah sebagai berikut :

1. Mampu mengaplikasikan ilmu yang berkaitan dengan sutradara program TV dan iklan, Penulis script, Programming TV/Radio, Camera Person, Editing Video, Animator, Announcer TV/Radio, Voice Over, News Reader, Jurnalis Media cetak/elektronik/online dan dapat menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi dengan situasi yang dihadapi serta bertanggung jawab pada pekerjaannya.

2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis bisnis dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif solusi secara mandiri di bidang Event Organizer, Wedding Organizer, Sekolah Presenter, Rumah Produksi, Pembawa Acara, Jasa Fotografi, Jasa Videografi, Jasa editing foto/video, Jasa pembuatan Iklan dan Video Profile.

3. Menguasai konsep teoritis bidang media secara umum dan konsep teoritis bidang media cetak, elektronik dan online secara mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural berkaitan dengan pekerjaan asisten peneliti tentang riset media, khalayak dan isi media, komunikasi politik, komunikasi bisnis dan pemasaran maupun monitoring dan analisis isi media.