Teknik Mesin


Dr. Ir. Indra Hasan, MT

Dr. Ir. Indra Hasan, MT

Ketua Program Studi

Program studi teknik mesin merupakan program studi baru hasil pembentukan dari Universitas Muhammadiyah Riau sebagaimana ditetapkan dalam SK Menteri Pendidikan Nasional No. 90/D/2008 yang memiliki 5 fakultas, satu diantaranya adalah Fakultas Teknik homebase dari program studi teknik mesin. fakultas teknik menyelenggarakan program pendidikan sarjana dan diploma 3 dalam bidang : A) Teknik Mesin (S1), B) Teknik Industri (S1), dan (C) Mesin Otomotif (D3).

Dengan tuntutan perkembangan industri dan tinjauan lapangan pekerjaan di sekitar Provinsi Riau maka program studi Teknik Mesin membentuk bidang - bidang keahlian. Adapun bidang - bidang keahlian yang dimiliki program studi Teknik Mesin antara lain bidang keahlian konversi energi, Teknik Material, Manufaktur dan Teknik Otomotif melalui berbagai kuliah pilihan yang ditawarkan. Program studi teknik mesin telah terakreditasi dalam SK No. 0524/BAN-PT/Akred/S/V/2016.

Visi :

Mewujudkan Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Mmuhammadiyah Riau yang unggul, mandiri, berbudaya, berjiwa wirausaha, bermarwah dan bermartabat dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu teknik mesin yang berlandaskan iman dan taqwa di tingkat nasional pada tahun 2022.

Misi :

Untuk mewujudkan visi di atas, maka misi yang telah dirumuskan adalah sebagai berikut :

1. Mmenyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, bermarwah dan bermartabat.

2. Meningkatkan produktivitas tenaga pendidik di bidang tridharma Perguruan tinggi serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

3. Mmenjalankan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengisi dan menciptakan lapangan kerja dalam bidang teknik mesin dengan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan pembangunan nasional.

4. Melibatkan stakeholder dalam meningkatkan, menentukan arah, mutu lulusan dan mutu pengajaran.

5. Melaksanakan penelitian dan karya ilmiah bidang teknik mesin yang mampu bersaing secara lokal dan regional.  

Prospek lulusan program studi teknik mesin Universitas Muhammadiyah Riau adalah sebagai berikut :

1. Akademisi dan Research Engineer   
2. Supervisor Produksi dan Maintenance   
3. Design & Consultant Engineer   
4. Entrepreneur

Kompetensi dan kemampuan lulusan prodi teknik mesin Universitas Muhammadiyah Riau adalah sebagai berikut :

1. Lulusan teknik mesin mampu melakukan riset dan pengembangan serta implementasi mulai dari penggalian ide, merumuskan metodologi, melakukan penelitian dan membuat laporan dengan baik di bidang konversi energi, rekayasa material & manufaktur dan perawatan mesin berwawasan green Technology serta mampu menyampaikan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain, baik sebagai guru, laboran, instruktur maupun widya iswara di lembaga pendidikan dan pelatihan.   

2. Lulusan teknik mesin mampu melakukan pengawasan pekerjaan produksi, pengawasan pekerjaan pemeliharaan dan perawatan mesin.  

3. Lulusan teknik mesin mampu melakukan perancangan dan konsultansi dibidang teknik mesin yang mencakup bidang sistem thermal, fluida dan sistem mekanikal.   

4. Lulusan Teknik mesin mampu membuka lapangan kerja di bidang konversi energi, material dan fabrikasi logam serta memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengembangkan enterpreneurship dan membuat usaha di bidang engineering. Beberapa bidang usaha yang terkait antara lain usaha ekspor-impor, kontraktor engineering, pembuatan dan perakitan teknologi tepat guna maupun jenis usaha lainnya.