UPT Bahasa


Siti Niah, M.Pd

Siti Niah, M.Pd

KEPALA

A. LATAR BELAKANG
Sebagai lembaga yang terpercaya, profesional, dan berwawasan kedepan, unit penunjang akademik dalam hal ini Unit Pelaksana Teknis Bahasa memiliki peran strategis untuk memberikan pelayanan di bidang kebahasaan kepada sivitas akademika dan masyarakat luas. Dalam era globalisasi dan informasi, penguasaan ketrampilan berbahasa, khususnya Bahasa Inggris dan Arab sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja yang ingin berkompetisi di dalamnya. Mengingat pentingnya fungsi unit pelaksana teknis bahasa dalam program pengajaran bahasa asing bagi sivitas akademika dan layanan masyarakat pada umumnya, maka pengajaran secara formal sangat menentukan keberhasilan peningkatan keterampilan berbahasa tersebut. Oleh karena itu, keberadaan pelaksana teknis Bahasa akan mendukung kemajuan personal dan profesional pada khususnya, dan pembangunan nasional pada umumnya. Unit Pelaksana Teknis Bahasa Universitas Muhamamdiyah Riau yang dulu dinamakan Laboratorium bahasa Universitas Muahmmadiyah Riau, pertama kali didirikan pada 05 desember 2015 yang pada saat itu telah menerima hibah dari kopertis Wilayah X berupa perlengkapan alat Laboratorium Bahasa. Hibah tersebut
berupa inventaris Laboratorium Bahasa lengkap dengan seluruh isi ruangan termasuk AC, meja dan kursi untuk belajar. Ruangan tersebut berada di gedung B lantai 3 Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Riau. Seiring berjalananya waktu, ruangan tersebut dilengkapi dengan ruangan admnistrasi dan ruangan kepala unit pelayanan teknis bahasa serta loker dan fasilitas lainnya sebagai pendukung. Saat ini, ruangan unit pelaksana teknis bahasa berada di gedung C lantai 3 Kampus Utama Universitas Muhamamdiyah Riau. Unit pelaksana teknis bahasa secara umum dapat melayani secara lebih optimal kepada civitas akademika dan masyarakat luas terkait kebahasaan. Unit pelaksana teknis Bahasa UMRI merupakan pusat bahasa yang memiliki struktur organisasi yang ditetapkan oleh Rektor, dan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, laboratorium Bahasa UMRI bekerja di bawah koordinasi Pembantu Rektor Bidang Akademik yang menangani masalah pengembangan kebahasaan.

 

B. VISI
Melaksanakan pelatihan/pembelajaran bahasa yang efektif dan menjadikan Unit Pelaksana Teknis Bahasa sebagai tempat pengajaran, dan penelitian, serta pengkajian keterampilan kebahasaan kepada sivitas akademika, dari masyarakat luas baik secara kelembagaan maupun perorangan.

 

C. MISI

1. Mengelola kegiatan pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa bagi dosen dan mahasiswa.
2. Mengelola kegiatan pengkajian IPTEK pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa.
3. Membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional dalam melakukan riset dan pengembangan pengajaran bahasa.
4. Membangun dan mengembangkan sistem informasi pengajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa.

 

D. PENGELOLA
UPT Bahasa UMRI memiliki beberapa pengelola yang ditetapkan oleh universitas.
Pengelola tersebut antara lain:
1. Seorang Kepala UPT yang diangkat oleh Rektor.
2. Seorang tenaga Administrasi/teknisi, yaitu seseorang yang diseleksi dan diajukan oleh Kepala UPT Bahasa kepada Universitas sebagai karyawan tetap.
 

E. FUNGSI POKOK
Tugas utama yang dilakukan oleh UPT Bahasa UMRI adalah
1. Melaksanakan pembinaan/peningkatan kemampuan bahasa asing bagi sivitas akademika UMRI
2. Memberikan layanan kepada semua unit-unit, mahasiswa dan para dosen di lingkungan UMRI untuk meningkatkan kemampuan bahasa Asing.
3. Mengadakan/menunjang penelitian kebahasaan, khususnya yang memerlukan penggunaan peralatan laboratorium.
4. Membina/meningkatkan kemampuan berbahasa, khususnya sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau untuk mengikuti program S-2 dan S-3 dalam dan luar negeri.
5. Memberikan pembinaan kepada dosen-dosen bahasa yaitu bahasa Inggris, Indonesia dan Arab yang berada dibawah naungan UPT bahasa UMRI untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa.
 

F. FASILITAS
UPT Bahasa UMRI memiliki fasilitas yaitu Ruang ber AC dengan julah 4 AC 1 ruangan, memiliki meja kursi dengan dilengkapi dengan computer set beserta headset + microphone, infokus, white board dan loker tempat penyimpanan barang-barang bagi
pengunjung.


G. PROGRAM
Program yang dilaksanakan di UPT Bahasa UMRI adalah;
1. Pengembangan SDM Dosen dan tendik melalui Pelatihan public speaking
2. Pengembangan SDM Dosen melalui Pelatihan scientific writing
3. Pengembangan SDM dosen Bahasa yaitu (bahasa Inggris, dan bahsa Indonesia) melalui pelatihan integrasi keilmuan.
4. Pelatihan TOEFL dan IELTS bagi dosen, tendik, mahasiswa dan umum
5. Pengembangan SDM Output (mahasiswa) melalui pelatihan speaking
6. Pelayanan tes TOEFL dan IELTS
7. Pelayanan translate abstrak, SKPI, dokumen, Film, dan lain-lain.
 

H. STRUKTUR ORGANISASI