Ilmu Hukum


Umar Dinata, SH., MH

Umar Dinata, SH., MH

Ketua Program Studi

Program studi Ilmu Hukum merupakan satu-satunya program studi yang ada di Fakultas Hukum-UMRI, berdiri berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 09/E/O/2014 tentang penyelenggaraan program studi baru pada Universitas Muhammadiyah Riau oleh Menteri Kebudayaan dan Pendidikan RI pada bulan Juni 2014. Kemudian dalam pelaksanaannya program studi ilmu hukum dikelola oleh Persyarikatan Muhammadiyah sebagai amal usaha Muhammadiyah (AUM) yang bergerak di bidang Pendidikan yang Pimpinan Pusat Muhammadiyah berada di Yogyakarta.

Visi :

Menjadikan Program Studi Ilmu Hukum bermarwah, bermartabat dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berintegrasi dan menguasai IPTEKS berlandaskan Al-Islam Kemuhammadiyahan tahun 2025.

Misi :

1. Mengintegrasikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan ke dalam kehidupan civitas akademika melalui Baitul  Arqam kepada seluruh Dosen dan karyawan serta mahasiswa.

2. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas dan jati diri sumber daya manusia yang mengacu kepada kualifikasi kerangka nasional perguruan tinggi.

3. Melaksanakan penelitian di bidang hukum untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEKS dalam bidang ilmu hukum guna memberdayakan masyarakat melalui pendampingan (advokasi).

5. Menjalin kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta dalam hal akademik.

Tujuan :

1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa serta memiliki integritas dalam pelaksanaan pengembangan dan menjalankan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.

2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, daya saing, integritas dan profesionalitas di bidang ilmu hukum melalui proses pembelajaran yang berkualitas dan efektif.

3. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan unggul di bidang ilmu hukum.

4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kesadaran dan terampil dalam menyelesaikan permasalahan hukum dala masyarakat.

5. Terjalinnya kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta dalam hal akademik.

Prospek kerja bagi lulusan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Riau adalah sebagai berikut :

1. Hakim

2. Jaksa

3. Advokat

4. Mediator

5. Auditor Hukm (Legal Officer)

6. Konsultan Hukum (Legal Advisor)

7. Perancang Peraturan (Legal Drafter)

8. Asisten Peneliti Hukum

9. Advokasi Hukum

SIKAP

1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius dan mengamalkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.

Keterampilan Umum

1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah hukum sesuai bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan hukum dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Keterampilan Khusus

1. Mampu menyusun konsep penyelesaian masalah atau kasus hukum melalui penerapan metode berpikir yuridik berdasarkan pengetahuan teoritik tentang sumber, asas, prinsip dan norma hukum dari berbagai bidang hukum positif di Indonesia, yang merupakan keahlian dasar untuk menjalankan profesi hukum.

2. Mampu merumuskan ide secara logis, kritis dan argumentatif di bidang hukum positif Indonesia dan mengomunikasikannya secara lisan dan/atau tulisan, khusus dalam lingkup masyarakat akademik sesuai dengan etika akademik.

3. Mampu bersikap etis, adil, taat hukum, peka dan peduli terhadap lingkungan sosial dalam merancang dan menerapkan hukum.