Teknik Informatika


Soni, S.Kom., M. Kom

Soni, S.Kom., M. Kom

Ketua Program Studi

Program studi teknik informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Riau berdiri pada Juli 2008 seiring dengan berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau. Pembelajaran di program studi teknik informatika diarahkan pada proses jaringan, database, dan sistem pakar sehingga diharapkan para lulusannya dapat mengikuti tingkat persaingan global yang tinggi dalam dunia informatika. Ssaat ini program studi teknik informatika telah terakreditasi dengan SK Nomor. 024/BAN-PT/Ak-XV/S1/VI/2012

VISI

Menjadi Komunitas Informatika yang berjiwa unggul, inklusif, humanis, serta kompeten dan kompetitif

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan Teknik Informatika yang berkualitas akademik unggul, kompeten, kompetitif dan siap bersaing dalam pasar professional, dan/atau siap menciptakan peluang kerja baru.
2. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan Teknik Informatika yang inklusif dan humanis.
3. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan Teknik Informatika.
4. Memanfaatkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi inovatif yang dapat memberi sumbangan kepada masyarakat untuk kualitas kehidupan yang lebih baik.

1. Menghasilkan lulusan yang mampu menyerap, mengaplikasikan dan mengembangkan Teknik Informatika di bidang soft computing, mobile computing atau enterprise information system serta memiliki daya saing, sikap kemandirian, dan integritas yang tinggi.
2. Berperan aktif dalam kegiatan Informatika pada tingkat nasional dan internasional.
3. Terwujudnya kerjasama yang lebih intensif dan ekstensif dengan pihak lain (lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah, industri dan alumni) dalam rangka mengembangkan kemampuan program studi untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas.
4. Menghasilkan penelitian dan publikasi berskala nasional dan internasional serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.

Prospek kerja lulusan program studi teknik informatika Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya menjadi :

1. Administrasi Jaringan Komputer
2. Insinyur Perangkat Lunak
3. Analis Forensik Digital

Kompetensi dan kemampuan lulusan program studi teknik informatika Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya :

1. Memiliki kemampuan bidang Network Analyst, Cloud, Network Security Engineer, Data Communication.
2. Memiliki keahlian dalam Software Engineering terutama dalam aspek : Web Engineering, Mobile Application Engineering, Analisis Sistem, Administrasi Database.
3. Mampu menemukan, mengumpulkan, mengamankan, menganalisis, menginterpretasi dan mempresentasikan barang bukti digital yang terkait dengan kasus yang terjadi untuk kepentingan rekontruksi kejadian serta keapsahan proses peradilan.