Ekonomi Pembangunan


Dwi Widiarsih, SE., M.Sc

Dwi Widiarsih, SE., M.Sc

Ketua Program Studi

Program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau berdiri pada tanggal 05 Juni 2008. Telah terakreditasi B BAN-PT dengan nomor SK 1575/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016. Sumber daya manusia yang tersedia sebagai tenaga pengajar (Dosen tetap) telah mampu mendukung pelaksanaan teknis akademik maupun non akademik sesuai dengan bidang keahlian konsentrasi yang ada di program studi yaitu : Ekonomi Moneter, Perencanaan Ekonomi dan Ekonomi Kependudukan.

VISI
Menjadikan Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Riau sebagai lembaga  pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan Sarjana Ekonomi Pembangunan yang profesional dan berkompetensi di bidang Ekonomi Pembangunan yang menguasai IPTEKS berlandaskan pada Al-Islam Kemuhammadiyahan di tingkat Nasional Tahun 2022 dalam rangka menunjang visi Universitas yang unggul di tingkat Asia Tenggara Tahun 2030.

 

MISI

Untuk mewujudkan visi di atas, beberapa misi telah kami rumuskan diantaranya :
1. Menyelenggarakan pendidikan bidang Ekonomi Pembangunan yang berkualitas dalam pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang menguasai IPTEK dan berlandaskan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
2. Mewujudkan peningkatan mutu pembelajaran berdasarkan pada Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Problem Based Learning (PBL), Student Center Learning (SCL) dan Contextual Teaching Learning (CTL).
3. Mejudukan lulusan yang bermarwah dan bermartabat berlandaskan iman dan takwa serta menguasai IPTEKS, kreatif, inovatif, bertanggung jawab dan berjiwa wirausaha.
4. Mewujudkan peningkatan dan optimalisasin mutu pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab Community Social Responsibility PS EP yang berbasis ekonomi dan berlandaskan pada Al-Islam Kemuhammadiyahan.
5. Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu kompetensi mahasiswa sehingga akan menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan daya saing (komparatif dan kompetitif) yang dilandasi oleh azas kemandirian.
6. Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berlandaskan kredibilitas profesional, akuntabel, bertanggung jawab dan berkeadilan.
7. Mewujudkan peningkatan dan optimalisasi mutu manajemen program studi berlandaskan kredibitas profesional, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan berkeadilan yang didasarkan kepada sistem penjaminan mutu perguruan tinggi.
8. Mewujudkan pembiayaan pendidikan, sarana, prasarana dan sistem informasi yang mendukung peningkatan  dan optimalisasi mutu proses pembelajaran sesuai dengan standar pelayanan minimum.

Prospek kerja bagi lulusan program studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Riau diantaranya sebagai berikut :

1. penelitian dan pengembangan ekonomi regional
2. Pengusaha Ekonomi Pembangunan
3. Lembaga Resmi Pemerintah dan lembaga swasta
4. Akademisi

Kompetensi dan kemampuan bagi lulusan program studi Ekonomi Pembangunan adalah sebagai berikut :

1. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan untuk kepentingan komersial dalam hal riset ekonomi dan pengembangan aplikatif di bidang perencanaan ekonomi regional yang berorientasi ekonomi daerah yang meliputi 14 sektor ekonomi.

2. Mampu melakukan inovasi serta melihat peluang usaha ekonomi daerah dalam dunia usaha, menciptakan lapangan kerja secara mandiri serta mampu mengevaluasi bisnis dalam bidang sosial bisnis berbasis potensi daerah.

3. Mampu menjadi officer instansi pemerintahan dan swasta serta mampu menguasai konsep ekonomi perencanaan daerah untuk dapat melakukan pengawasan program perencanaan daerah.

4. Mampu melakukan penelitian bidang ekonomi regional untuk menyelesaikan masalah ekonomi makro dengan bimbingan serta mampu mengaplikasikan prinsip -prinsip ekonomi ke dalam bentuk laporan.