Mesin Otomotif


Aken Derisman, M.Pd.T

Aken Derisman, M.Pd.T

Ketua Program Studi

Keberadaan Akademi teknologi otomotif Muhammadiyah (ATOM) merupakan cikal bakal terbentuknya Fakultas Teknik yang juga fakultas pertama di Universitas Muhammadiyah Riau. Berubah menjadi program studi mesin otomotif D3 dengan SK peleburan dari akademi menjadi universitas dengan No. 94/D/O/2008 tertanggal 5 Juni 2008. Pada tanggal 23-25 April 2009, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dirjen Dikti RI telah melakukan visitasi terhadap program studi D3 Mesin Otomotif, dan saat ini Prodi Mesin Otomotif telah terakreditasi B dengan SK No. 481/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014.

Visi :

"Menjadi barometer program studi D3 Mesin Otomotif di Indonesia yang handal dalam IPTEK unggul dalam IMTAQ, bermarwah dan bermartabat serta berdaya guna di masyarakat tahun 2020"

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang teknologi otomotif yang berlandaskan keislaman dan kemuhammadiyahan.
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi bidang otomotif yang dibutuhkan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu teknologi otomotif, dengan tetap menjaga marwah dan martabat Muhammadiyah.
  4. Menghimpun berbagai sumber daya dan melakukan kerja sama untuk mendukung tercapainya visi program studi.
  5. Menyelenggarakan berbagai kegiatan kemahasiswaan dengan meningkatkan kreatifitas, inovasi dan pengembangan kepribadian mahasiswa yang berlandaskan keislaman dan Kemuhammadiyahan.

Prospek lulusan program studi mesin otomotif Universitas Muhammadiyah Riau adalah sebagai berikut :

1. Kepala Bengkel   
2. Service Advisor   
3. Group Leader / Teknisi   
4. Technopreneur

Kompetensi dan kemampuan lulusan program studi mesin otomotif Universitas Muhammadiyah Riau adalah :

1. Mampu berkomunikasi lisan untuk memimpin kelompok kerja dan tulisan dengan baik untuk menyusun laporan secara komprehensif.
2. Menguasai Maintenance, Repair, Overhaull, & Diagnosis kendaraan secara profesional, dengan memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan. 
3. Menguasai konsep sains (science) otomotif dan Pengetahuan (knowledge) Hi-Tech Otomotif untuk menganalisis dan memformulasikan penyelesaian masalah prosedural..   
4. Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan dengan baik untuk menyusun laporan secara komprehensif.
5. Menguasai pengujian kendaraan dari berbagai macam tipe dengan metode yang tepat.
6. Menguasai Standardisasi & Regulasi Otomotif untuk menyelesaikan masalah prosedural.