Gelar Tabligh Akbar, Rektor Resmi Buka Rangkaian Milad Ke-16 UMRI

Pekanbaru (Umrinews) - Dalam rangka menyemarakkan Milad Ke-16, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar acara Tabligh Akbar dengan tema 'Unggul, Bermartabat, Mencerahkan Semesta'. Hadir sebagai penceramah dalam kegiatan Tabligh Akbar ini Wakil Ketua Membidangi Al Islam Kemuhammadiyahan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof DR Achmad Jainuri MA PhD., yang digelar pada Rabu (5/6/2024) pagi bertempat di Auditorium Gedung Rektorat Umri.

Kegiatan Tabligh Akbar ini diawali dengan sambutan Rektor Umri yang disampaikan secara langsung dihadapan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau, Badan Pembina Harian (BPH) Umri, para Wakil-wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur Direktorat, Pimpinan Lembaga, Unit, dan Kantor serta Dosen dan Tenaga Kependidikan dilingkungan Umri, serta tampak juga hadir Pimpinan Majelis, Lembaga, dan Ortom Muhammadiyah Tingkat Wilayah Riau.

Dalam sambutannya Rektor Umri Dr Saidul Amin MA mengatakan, dengan kehadiran Prof Achmad Jainuri ini semoga dapat memberikan masukan dan nasehat terutama mengenai Al Islam Kemuhammadiyahan kepada civitas akademika Umri.

"Sengaja beliau yang kita undang hadir pada hari, ini sebab Al Islam dan Kemuhammadiyahan adalah ruh sebuah perguruan tinggi. Kami bermohon kepada Prof Achmad Jainuri, agar bisa memberikan masukan serta arahan kepada adik-adik dosen kita sehingga mereka memiliki mindset yang berbeda terhadap Muhammadiyah," kata Saidul Amin.

Lebih lanjut Saidul Amin memaparkan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Milad Ke-16 Umri yang diawali dengan kegiatan Tabligh Akbar dan akan berlanjut pada puncak Milad yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2024.

"Pada hari ini, sejumlah rangkaian Milad Ke-16 Umri sudah mulai dilaksanakan yang dibuka dengan acara Tabligh Akbar. Nantinya juga ada kegiatan gerak jalan sehat bersama warga Muhammadiyah, bazar UMKM, acara bedah buku Prof Muhammad Nazir, perlombaan rakyat serta lomba masakan tradisional, pertandingan tenis meja antar Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) serta Pimpinan Perguruan Tinggi mitra Umri se-Asia Tenggara, selanjutnya akan dilaksanakan sarasehan pemikir Asia Tenggara dengan tema ‘Dari Muhammadiyah Untuk Semesta’ yang dihadiri Pimpinan Perguruan Tinggi Islam di Asean. Kemudian seluruh rangkaian Milad, akan ditutup dengan Puncak Acara Milad Ke-16 pada tanggal 24 Juni 2024 sekaligus peresmian gerbang utama kamapus Umri yang memiliki desain kapal Lancang Kuning, gedung wakaf Tajdid Center Umri, gedung Rusunawa, serta peletakan batu pertama Pembangunan Gedung ‘Mahmud Marzuki Tower’ " paparnya.

Prof Achmad Jainuri mengungkapkan saat ini Umri masih dikatakan sebagai remaja, maka ia melihat Umri akan banyak melalui tantangan kedepannya maka dari itu perlu bagi seluruh keluarga besar Umri untuk dapat berkolaborasi.

"Selamat kepada UMRI karena sudah memasuki usia ke-16 tahun, semoga bisa bermanfaat bagi ummat. Mudah-mudahan berkah karena pasti akan ada rintangan dan tantangan yang akan dihadapi," ungkapnya.

Selain itu ia juga mengingatkan agar seluruh civitas akademika Umri dapat memiliki konsep Kemuhammadiyahan dan menerapkan kembali tujuan dari Muhammadiyah.

"Tujuan kita (Muhammadiyah) adalah untuk menciptakan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya, maka yang paling utama adalah pendidikan kepada masyarakat dan harus mau bergerak masuk kampung, memberikan pencerahan kepada masyarakat. Nah sekarang, tugas itu yang harus adik-adik dosen terapkan. Tidak hanya di lingkungan kampus namun juga di lingkungan tempat tinggal," pintanya.

Tidak berbeda jauh dengan tahun lalu, Milad kali ini Umri akan melaksanakan program Umri Umroh gratis yang akan diberikan kepada Dosen terbaik, karyawan terbaik, security terbaik atau cleaning service terbaik dan media center Umri. Tidak hanya itu Umri juga akan menggelar peresmian dan syukuran Fakultas Kedokteran sekaligus penyerahan SK Kemendikbudristek RI. (Walida)