Mahasiswa Prodi Teknik Kimia UMRI Ikuti Program Magang Khusus PT. IKPP

Perawang (Umrinews) – Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia – Universitas Muhammadiyah Riau (Umri)  mengikuti proses recruitment pada kegiatan magang khusus selama enam bulan di PT. Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP). Kegiatan ini merupakan implementasi dari Memorandum of Agreement (MoA) antara Program Studi Teknik Kimia dengan PT. IKPP.

Kegiatan recruitment yang terdiri dari tiga tahapan seleksi ini diikuti 22 mahasiswa Prodi Teknik Kimia Umri yang dimulai pada 27 Desember 2023 lalu yang salah satunya guna menguji kompetensi akademik.

PT. IKPP merupakan perusahaan berkembang yang berada di wilayah Riau yang memproduksi pulp dan paper. Untuk tahun ini PT. IKPP meluncurkan suatu program diberinama Vokasi Dual Sytem, yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk dilatih secara profesional. Program Vokasi Dual System merupakan kolaborasi antara akademisi dengan dunia industri, dimana sebagai dosen ataupun tenaga pengajar diberikan kesempatan untuk bimbingan serta melihat secara langsung peserta didiknya magang di perusahaan ini yang akhirnya nanti akan di prioritaskan menjadi karyawan.

Armadi selaku Humas PT. IKPP mengatakan, antara PT IKPP dan Prodi Teknik Kimia Umri telah menyepakati akan bekerjasama untuk peningkatan sumber daya manusia. “Program lainnya yang dapat diikuti antara lain magang dosen, praktisi mengajar dan magang khusus yang SDMnya merupakan mahasiswa pilihan yang diperioritaskan dalam recruitmen karyawan jika selesai mengukuti program magang,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan antara dunia usaha dengan perguruan tinggi memiliki tujuan sama guna pengembangan industry dan ilmu pengetahuan. “PT. IKPP sangat mendukung program MBKM sehingga antara kampus dan dunia industry dapat saling bertukar ilmu dan saling mengaplikasikan ilmu yang didapat dengan tujuan yang sama untuk perkembangan ilmu pengetahuan,” jelas Armadi.

Rekrutmen Manager PT. IKPP Wildon Pandiangan, lebih jauh menjelaskan proses perekrutan dimulai dari sosialisasi yang dilanjutkan dengan asesmen. Peserta yang lulus asesmen sesuai standar, dilanjutkan dengan tes wawancara.

Dari serangkaian test yang telah dilalui mahasiswa Teknik Kimia Umri ini, ada 2 orang yang lulus sebagai peserta magang khusus ini yaitu Raihan Rawadi dan Yusri.

Dwi Annisa selaku Kordinator Pembina Mahasiswa Teknik Kimia Umri menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan ini. “Alhamdulillah kami mengapresiasikan kegiatan ini dengan rasa haru karena Prodi Teknik Kimia dipercayai PT. IKPP untuk mengikuti recruitment magang khusus yang baru pertama kali diadakan, dan ini merupakan awal yang sangat membanggakan untuk kami sebagai prodi baru yang masih berkembang,” katanya.

Hal senada turut disampaikan Ketua Prodi Teknik Kimia Umri Israyandi, “kami menyampaikan rasa terima kasih kepada PT. IKPP semoga kita dapat berkembang dan maju bersama. Harapan kami program dan kegiatan seperti ini dapat dikembangkan serta dilanjutkan dengan segera sebagaiman tertuang dalam MoU dan MoA,” pungkasnya.