Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI Gelar Kuliah Umum bersama BKKBN

Pekanbaru (Umrinews) - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau (FEB Umri) menggelar kuliah umum dengan tema Peluang dan Tantangan Bonus Demografi Bagi Generasi Muda bertempat di auditorium Kampus Utama Umri Jalan Tuanku Tambusai, pada Selasa (6/2/2024).

Sebagai narasumber dalam kuliah umum ini hadir Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat dan Kepala BKKBN Provinsi Riau selain itu turut hadir Rektor Umri yang membuka kegiatan  tersebut dihadapan Pimpinan, sivitas akademika dan mahasiswa FEB Umri.

Rektor Umri Dr Saidul Amin MA mengatakan kuliah umum adalah suatu hal yang penting sebab agama Islam selalu mengajarkan umatnya untuk menyiapkan planning sebaik mungkin.

"Demografis itu luar biasa penduduk kita yang sedang aktif dan produktif kalau dia bukanlah pati menjadi sesuatu yang berharga maka dari itu jangan sampai permasalahan demografi bisa dimanfaatkan oleh negara tertentu dan menjadi masalah bagi negara sendiri," kata Saidul Amin.

Selain itu ia juga menjelaskan makna dari Quran Surah An Nisa ayat 9, dimana kita sebagai umat harus takut kepada Allah SWT. jika meninggalkan keturunan yang lemah. "Dalam surah tersebut berarti dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya," paparnya.

Ia juga berharap para dosen dan mahasiswa yang hadir acara ini akan membuka pemikiran dan wawasan sehingga akan mendapatkan informasi baru yang nantinya akan membentuk struktur pemikiran terhadap permasalahan kependudukan.

"Kita harus belajar dari Cina dan India, tapi yang paling penting akar permasalahannya harus dicari yakni menciptakan keluarga yang berkualitas kalau tidak justru menimbulkan masalah," pungkasnya.

Senada dengan Rektor Dekan FEB Umri Mizan Asnawi SE M Ec Dev juga berharap mahasiswa dapat menggali ilmu lebih dalam pada kesempatan kuliah umum bersama BKKBN. "Silakan kepada mahasiswa untuk bertanya sebanyak mungkin dan kantongi ilmu tersebut untuk menjadi bekal dimasa yang akan datang, dan kepada BKKBN kami ucapkan terimakasih karena sudah mau berbagi untuk Umri," katanya. (Yoga)