Rektor UMRI Beri Sambutan di HUT Ke-74 Kab. Kampar

Kampar (Umrinews) - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) hadiri dan berikan sambutan dalam paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke -74 Kabupaten Kampar yang digelar di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Kampar pada Selasa (6/2/2024).

Dalam sambutannya Dr Saidul Amin MA mengatakan bahwa Kabupaten Kampar berbeda dengan daerah lain yang mana Kampar lahir dengan falsafah yakni Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.

"Agama menjadi ruh bagi masyarakat Kampar dan menjaga harga diri bagi Masyarakat. Agama Islam yang dipahami orang Kampar adalah agama Islam yang mencerahkan, mencerdaskan dan rahmatan lil'alamin," katanya dalam sambutan.

Ia juga melanjutkan, falsafah hidup tersebut lah kekayaan dan ideologi dari masyarakat Kampar. "Sehingga nantinya masyarakat Kampar memiliki paham keagamaan yang mengajak bukan mengejek, paham keagamaan yang merangkul bukan memukul, paham keagamaan yang memberikan ajaran yang baik bukan yang fasik," lanjut Saidul Amin.

Disamping itu,  Saidul Amin menjelaskan bahwa Kabupaten Kampar yang memiliki julukan Serambi Mekkah ini memiliki kehebatan dan memiliki hasil bumi yang melimpah namun perlu manage yang baik.

"Kalau hasil bumi diatur dengan baik di manage dengan sempurna Kampar akan menjadi segenggam tanah surga yang dititipkan oleh Allah SWT. maka kedepan Kampar harus punya grand design harus punya sesuatu yang kita tuju tidak berjalan apa adanya tapi punya planning yang nyata," tegas Saidul Amin yang juga Tokoh Masyarakat Kampar ini.

Lebih jauh Ia juga berharap, agar Kabupaten Kampar harus memiliki marwah dan martabat yang mana menurutnya marwah isinya adalah iman dan takwa sedangkan martabat berisi sains teknologi dan lainnya. "Kalau kita tidak punya perencanaan bersiaplah untuk menerima kegagalan dan siapa yang tidak mau menerima perubahan maka ia akan di pijak-pijak oleh perubahan tersebut. Baik yang ada di legislatif, yudikatif, ataupun eksekutif bisa sama sama bekerja dan betul-betul bekerjasama dan kepada tuan puan lah masa depan saya pertaruhkan," tutupnya.

Penjabat (Pj.) Bupati Kampar Hambali, SH., MBA., MH., dalam sambutannya mengatakan, dalam HUT Ke-74 tahun ini, Kabupaten Kampar mengusung tema Kampar makin melaju, menuju indonesia emas tahun 2045. “Tema ulang tahun Kabupaten Kampar ke-74 tahun 2024 adalah Kampar makin melaju, menuju Indonesia emas tahun 2045, dua kalimat ini merupakan representasi dari kesiapan pemerintah Kabupaten Kampar dalam menghadapi Indonesia emas tahun 2045,” ujar Hambali dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Pj. Bupati Kampar menyampaikan guna mewujudkan tema ulang tahun Kampar ini diperlukan kebersamaan untuk membangun negeri. “Dalam mewujudkan tema ulang tahun Kabupaten Kampar tahun ini, diperlukan kebersamaan dalam peningkatan sumber daya manusia, penguasaan ilmu dan tehnologi, ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan serta pemantapan ketahanan pangan dan tata kelola pemerintahan sesuai Visi Indonesia 2045,” kata Hambali. (Walida)