Entrepreneur Award FEB UMRI 2024 Ajak Mahasiswa Ciptakan Lapangan Kerja

Pekanbaru (Umrinews) – Setelah di hari sebelumnya sukses menyelenggarakan bazaar produk kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) secara resmi menutup rangkaian kegiatan tersebut pada Rabu (24/01) malam di Auditorium Kampus Utama Umri. Dihadiri oleh puluhan mahasiswa, dosen dan alumni FEB tampak pula hadir Wakil Rektor I Umri Dr Wirdati Irma SPd MSi ditengah-tengah acara.

Disampaikan Dekan FEB Umri Mizan Asnawi SE MEcDev dalam sambutannya, rangkaian kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar FEB mewujudkan Visi Fakultas dalam aspek kewirausahaan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi upaya konkret FEB dalam mencapai akreditasi unggul bagi seluruh program studi yang ada di lingkungan Fakultasnya.

Menurut Mizan, akreditasi unggul adalah kebutuhan dan kepentingan bagi tidak hanya sivitas akademika Fakultas tapi juga Universitas serta alumni, untuk itu seluruh kegiatan kedepannya akan dikaitkan dengan nilai akreditasi. “Seterusnya kegiatan yang dilaksanakan baik Fakultas, Prodi maupun Ormawa wajib menjadi bagian dari terwujudnya visi dan misi Fakultas dan Prodi, kita semua bertanggungjawab mencapai cita-cita kita bersama” sebutnya.

Lebih jauh, setelah memberanikan diri mendirikan inkubator bisnis di tingkat Fakultas, Mizan juga meminta seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan Entrepreneurship ini bisa memberanikan diri untuk menyiapkan proposal wirausaha. Artinya, ia berharap seluruh yang mengikuti kegiatan kewirausahaan ini agar dapat memajukan proposal untuk mengikuti skema program pengembangan usaha mahasiswa (P2MW) dan Entrepreneur Award yang diadakan pemerintah. “Kegiatan ini sederhana tapi berarti, artinya kita harus berani memulai dari yang sederhana seperti kegiatan ini” yakinnya.

 Hal ini dipandang penting oleh Wakil Rektor I Umri Dr Wirdati Irma SPd MSi, terutama membahas akreditasi prodi yang menjadi tanggung jawabnya. Disampaikaan Wirdati, kegiatan seperti ini merupakan target utama dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemenristek Dikti. Terciptanya SDM wirausahawan unggul dari rahim FEB merupakan perwujudan suksesnya mata kuliah kewirausahaan dan menjadi bukti berhasilnya program MBKM. “Ini salah satu penunjang IKU masing-masing prodi agar akreditasi bisa menjadi unggul” sebutnya.

Lebih jauh, Wirdati juga mengapresiasi kegiatan bertemakan wirausaha seperti ini, terlebih lagi dengan banyaknya alumni FEB yang sukses menjalankan bisnis salah satunya bernama Novita Anggraini yang turut hadir pada kegiatan tersebut. “Kegiatan ini bisa menjadi pemancing terciptanya wirausahawan handal seperti alumni kalian ini, kita berharap alumni FEB setelah lulus tidak hanya mencari kerja tapi juga membuka lapangan pekerjaan” ujarnya.

Terakhir, Wakil Rektor I berpesan kepada dosen pembimbing kewirausahaan yang ada di lingkungan FEB untuk terus menyemangati mahasiswa agar berwirausaha. “Jadi pendamping yang sabar dan perhatian, jangan pernah takut untuk mencoba semua kesempatan yang memungkinkan kesuksesan mahasiswa kita, kita tidak pernah tahu kualitas kita sebelum mencoba” tutupnya.

Dari seluruh kelompok usaha yang mengikuti kegiatan ini, proses penjurian oleh 3 orang juri dari UPT Kewirausahaan Umri, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Owner salah satu bisnis kekinian di Kota Pekanbaru memilih beberapa pemenang yang didapuk sebagai kelompok usaha terbaik. Kelompok usaha pemenang tersebut adalah produk Haru Tea yang meraih Juara 1, produk Soothing Aroma yang meraih Juara 2, dan produk Kribumi yang meraih Juara 3, serta produk Fantastic Herbs yang meraih kategori Best Product. (Bang Upi)