Usai Tabligh Akbar, Ustadz Adi Hidayat dan Umri Teken MoU Umri Sebagai Pusat Riset Alquran di Riau

Pekanbaru (Umrinews) - Ribuan orang antusias  hadiri Tabligh Akbar yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) bersama ustadz Dr H Adi Hidayat LC MA, Senin (30/1/2023) malam. Kegiatan itu dilaksanakan di halaman kampus Utama yang terletak di jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru.

Tabligh Akbar yang dibuka untuk umum ini dimulai dari pukul 20.00 WIB dan berakhir pukul 22.30 WIB. Sebelumnya, di siang hari, ustadz yang akrab disapa UAH itu juga sempat memberikan kuliah umum bertajuk Al-Qur'an dan Ilmu Pengetahuan yang dilaksanakan khusus untuk civitas akademika dan keluarga besar Umri.

Tabligh Akbar dihadiri Rektor Umri Ustadz Dr H Saidul Amin MA, Gubernur Riau yang diwakili Asisten 1 Setdaprov Riau H Masrul Kasmy, Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr H Abdul Wahid MUs, Ketua BPH Umri Prof Dr HM Nazir MA serta tokoh masyarakat Riau H Saleh Djasit.

Tidak hanya civitas Akademika dan keluarga besar Umri saja tapi juga ribuan masyarakat umum antusias melihat dan mendengar secara langsung ceramah yang disampaikan UAH. Beberapa diantaranya berasal dari luar kota seperti Bangkinang, Siak, Selat Panjang bahkan dari Sumatera Barat.

Kegiatan Tabligh Akbar ini juga merupakan kegiatan majelis ilmu. Selain itu menjadi ajang silaturahmi UAH yang merupakan warga Muhammadiyah serta membantu menyukseskan program pemerintah dalam membangun provinsi Riau yang gemilang di bawah naungan Alquran.

Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas kesediaan Ustadz Adi Hidayat datang ke Kampus Umri. Kedatangan ustadz kondang itu telah ditunggu-tunggu.

"Saya berterimakasih kepada Ustadz Adi Hidayat yang sudah mencemar duli datang memenuhi undangan yang sudah kami sampaikan. Kedatangan ustadz Adi Hidayat telah ditungu-tunggu" ujar Saidul Amin.

Rektor juga mengatakan bahwa banyak hal yang akan Umri dan yayasan yang dibentuk Ustadz Adi Hidayat lakukan untuk menjadikan Umri sebagai cabang atau tempat riset Alquran. Ia juga berharap agar Umri menjadi kampus yang Qurani.

"Banyak hal yang akan Umri dan yayasan lakukan untuk menjadikan Umri sebagai cabang atau tempat riset Alquran yang sudah beliau tubuhkan. Banyak hal yang ada dalam pusat riset Alquran itu, sehingga kita harapkan agar Universitas Muhammadiyah Riau ini menjadi kampus yang Qurani. Insya Allah" ujarnya lagi.

Dalam pemaparan Tabligh Akbar ustadz Adi Hidayat mengangkat tema yang sama dengan Kuliah Umum yaitu Ilmu Pengetahuan dan Alqur'an. Ia yakin bahwa kedatangan para jamaah karena digerakkan oleh Allah untuk mendalami Alqur'an.

"Alhamdulillah saya bisa sampai ke Riau. Saya yakin karena kita akan mendalami Alqur'an hari ini. Saya punya keyakinan Insya Allah, Allah menggerakkan kita semua di malam ini kita memulai untuk menjadi diantara generasi terbaik di muka bumi yang pernah berkhidmat untuk mencari bekal kembali kepada Allah Subhanahu Wata'ala"

Ustadz Adi Hidayat menegaskan bahwa orang-orang yang belajar tuntunan Alqur'an disebut oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam akan menjadi orang terbaik dibidangnya.

"Karena tidak ada orang yang datang untuk belajar dari tuntunan Alqur'an kecuali disebut Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam akan menjadi orang terbaik. Dokter ngaji quran jadi dokter terbaik. Arsitek ngaji quran jadi arsitek terbaik. Dosen ngaji quran jadi dosen terbaik. Polisi, TNI ngaji quran jadi Polisi, TNI terbaik" jelas Adi Hidayat.

Dia juga mendorong jamaah yang hadir agar makan dari makanan yang baik yang diperoleh dengan cara yang baik. "Itu akan membuat kita jadi baik (halallan toyiban)," katanya.

Usai menyampaikan tabligh akbar, Ustadz Adi Hidayat juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) secara formal dengan Umri. Melalui MoU ini, Umri akan menjadi kampus yang memiliki program hafalan Alquran. Ke depannya, akan dikirim 2.000 paket buku hafalan Alquran 30 juz dalam 30 hari. Di samping itu, MoU juga bertujuan menjadikan Umri sebagai kampus riset kajian keilmuan Alquran.

"Kita akan jadikan Umri sebagai pusat riset Alquran dan diharapkan semua organisasi Islam di Riau ini mau belajar bersama. Umri juga didorong terbuka untuk semua organisasi Islam dengan harapan menjadikan Riau islami dan mencintai Alquran " ucap Ustadz Adi Hidayat.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Umri menyambut baik apa yang menjadi program yang disepakati dengan yayasan Quantum Akhyar Institute asuhan Ustadz Adi Hidayat Hidayat itu.

Acara tabligh Akbar ini juga di siarkan secara live streaming di saluran resmi YouTube Adi Hidayat Offcial dan kanal YouTube Universitas Muhammadiyah Riau yang didokumentasikan secara apik oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi.