Hadiri Shalat Subuh Berjamaah di Umri, Gubernur Riau Sampaikan Kuliah Kajian Ba'da Subuh

Pekanbaru (Umrinews) - Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Ahad (25/12/2022) hadiri Shalat Subuh Berjaamaah dan sampaikan Kuliah Program Kajian Ba'da Subuh yang ditaja Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (LAIK) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Kegiatan itu dilaksanakan di Masjid Baitul Hikmah Komplek Kampus Utama jalan Tuanku Tambusai Ujung, Kota Pekanbaru. Tampak hadir Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA, Ketua BPH Umri Prof Dr HM Nazir Karim MA, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Abunawas SAg MM, para Wakil Rektor, Dekan, Ketua LAIK Umri Afdal SUd MSy dan empat ratusan mahasiswa.

Dalam ceramahnya Gubri yang didampingi Kadiskominfotik Erisman Yahya mengatakan bahwa kedatangannya ke kampus Umri untuk memberikan edukasi sekaligus menyampaikan sejumlah program Pemerintah Provinsi Riau.

“Alhamdulillah kami dapat mengikuti kegiatan salat subuh berjamaah di Masjid kampus Umri. Kegiatan ini dalam rangka  menyampaikan program-program Pemerintah Provinsi Riau diantaranya program ekonomi syariah sekaligus mempererat hubungan kerja sama kita dengan Umri” ucap Gubri. 

Selanjutnya Gubri menekankan pentingnya Mahasiswa Riau menguasai ilmu pengetahuan dan Teknologi serta beradaptasi dengan IT dan ICT, khususnya media sosial sehingga dapat menggunakannya untuk kemaslahatan. Ia juga berharap agar mahasiswa hari ini siap menghadapi tantangan di masa akan datang yang sangat kompleks. 

"Riau dengan keuntungan demografinya dapat menjadi pintu gerbang Sumatera ke daratan Asia. Akan tetapi juga bisa menjadi sumber malapetaka, sebab narkoba, human trafficking dan lainnya juga bisa dengan mudah masuk dan keluar melalui Riau" papar Gubri.

Gubri juga mengatakan bahwa mahasiswa perlu menubgkat keahlian dan keterampilan. Menurutnya, masa depan nanti tidak hanya ijazah saja yang menjadi landasan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, tetapi juga keahlianlah yang sangat diharapkan.

“Karena itulah hari ini kami memberikan sedikit edukasi kepada anak kami. Agar belajar dengan sungguh-sungguh, sehingga nanti dapat menjadi insan yang berguna bagi bangsa dan negara serta agama yang kita cintai,” harap Gubri.

Rektor Umri dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Gubri yang sudah berkenan hadir berbaur dengan segenap civitas akademika Umri dan menyampaikan saran serta mengingatkan peran masjid sebagai ruh universitas.

"Terimakasih pak Gubri justeru mencemar duli mengunjungi kampus Umri. Sebab di saat sebagian pemimpin enggan datang ke kampus untuk menghindari kritik dari civitas akademika yang memang dilatih untuk kritis. Justru Gubri datang dan mendengar kritik dan saran. Pada sisi lain kita sama-sama mengingatkan bahwa peran masjid sangat sentral dan berfungsi sebagai ruh universitas" jelas Rektor.

Rektor juga menyampaikan program diantaranya melalui program studi Psikologi Islam yang akan segera meluncurkan rehabilitasi narkoba dan program pencegahan penyebaran LGBT.

“ Masalah rehabilitasi narkoba itu sudah lama kita bicarakan dengan Pak Gubri dan ini merupakan upaya dari kita khususnya dan Muhammadiyah secara umumnya. Untuk turut serta membantu pemerintah provinsi Riau menyelesaikan permasalahan yang ada. prinsip Muhammadiyah memajukan bangsa mencerahkan semesta ,” jelas Rektor lagi.

Sementara itu Ketua LAIK Umri Afdal SUd MSy mengatakan "Kita akan upayakan menyempurnakan program ini dimasa akan datang dengan menghadirkan tokoh-tokoh yang dapat memberi stimulasi dan motivasi kepada mahasiswa sehingga akan mengisi akal dan hati untuk peningkatan intelektual dan  spiritual mereka".