Wakil Rektor I Umri Wirdati Irma Sampaikan Presentasi Bidang Akademik Dalam Pengembangan Kerjasama Dengan KUIPs

Perlis (Umri) – Untuk mewujudkan komitmen Goes International, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) sepakati kerjasama dengan Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs) bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Hal itu diawali dengan penandatangan MoU kedua belah pihak pada Jumat (25/11/2022) di Kampus KUIPs Perlis, Malaysia.

Penandatanganan naskah MoU dilakukan oleh Rektor Umri, Dr H Saidul Amin MA dan Rektor KUIPs, Prof Madya Dr Muhammad Rozaimi Bin Ramle. Penandatanganan itu  disaksikan oleh Raja Muda Perlis yang juga merupakan Chancellor KUIPs, Duli Yang Teramat Mulia Tuanku Syed Faizuddin Putra Ibni Tuanku Syed Sirajuddin Jamalullail. Turut hadir pula Mufti Perlis, Prof Madya Dato' Arif Perkasa Dr Mohd Asri Zainul Abidin, Timbalan Rektor dan Pejabat Kantor Urusan Internasional.

Sementara itu bersama Rektor Dr H Saidul Amin MA beberapa pimpinan Umri hadir mendampingi yaitu Wakil Rektor I Dr Wirdari Irma MSi dan Wakil Rektor 3 Dr Jufrizal Syachri, Ketua Badan Pembina Harian Umri Prof Dr HM Nazir MA serta Sekretaris PW Muhammadiyah Riau Ir Yusman Yusuf MT. 

Usai penandatanganan MoU, pimpinan Umri dan KUIPs melanjutkan kesepakatan dengan membincangkan rancangan Memorandum of Agreement (MoA) diantaranya pemaparan presentasi Program Akademik oleh Wakil Rektor I Umri Dr Wirdati Irma MSi. 

"Beberapa kegiatan yang disepakati untuk dilakukan diantaranya program pertukaran mahasiswa  dalam waktu pendek dan selama satu semester sebagai wujud implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)" jelas Wirdati Irma.

Wirdati Irma juga menjelaskan progran lainnya yaitu pertukaran Dosen (Pensyarah), program Matching Grant terkait dengan kolaborasi penelitian, kolaborasi hasil riset berupa artikel, kolaborasi seminar dan pembicara tamu seminar international, dan terakhir program KKN internasional.

Realisasi MoU antara Umri dan KUIPs dalam Agreement akan segera dalam waktu dekat diantaranya seminar internasional pada bulan Februari 2023. Keynote speaker  dijadwalkan berasal dari empat negara. Adapun negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Seminar internasional ini akan dilaksanakan oleh Umri dengan sponsor penuh oleh Mufti Kerajaan Perlis yang mengangkat tema tentang Islam Nusantara.