Umri Lepas 28 Mahasiswa Menuju Kompetisi Nasional


Pekanbaru (Umri) - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr. H. Saidul Amin MA melepas puluhan mahasiswanya menuju Kompetisi Nasional. Tak tanggung-tanggung, tiga kompetisi sekaligus yakni Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional di Kota Malang, Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Award di Kota Surabaya dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional di Kota Padang berhasil diikuti oleh mahasiswa Umri mewakili Provinsi Riau.

Pencapaian tersebut tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Umri. Pasca pandemi Covid-19 yang mengakibatkan semua aktivitas terbatasi, mahasiswa Umri mampu tampil lebih cepat dalam berbagai bidang. Hal ini sesuai dengan arahan Rektor Umri yang menginginkan akreaditasi unggul dalam beberapa waktu yang akan datang.

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan kebangaannya terhadap atlit-atlit maupun utusan Umri di kancah Nasional. "Kami sangat bangga dengan ananda sekalian yang mewakili kampus maupun Provinsi Riau di kompetisi skala Nasional. Ini harus kita asah, asih dan asuh agar prestasi ini terus berkembang sehingga menjadi suatu hal yang biasa bagi kita untuk menjadi sang juara," ucap Saidul Amin. 

Direktur Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Riau tersebut juga memberikan semangat kepada 28 mahasiswanya yang akan berangkat. "Kalian sudah mencapai tahap ini yang artinya selangkah lagi menuju puncak dan meraih medali. Tanamkan prinsip Aku Berjuang dan Aku Menang," imbuhnya yang diiringi dengan tepuk tangan.

Mahasiswa Umri setidaknya mengirimkan 28 mahasiswa dari 3 kompetisi berbeda. Pada gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional, Umri mengirimkan 6 orang mewakili Riau yakni Wahyu Pratama mahasiswa FKIP Umri dan Ayu Sintia dari Prodi Humas pada cabor Silat, Brian Naufal Muzakky mahasiswa Fikom pada cabor Basket, Tiara Nurasnil dari Fikom dan Arwinda Maharani dari Prodi Kimia pada cabor Futsal serta Marfuad dari Tekhnik Mesin pada cabor Panjat Tebing.

Sedangkan Ketiga kelompok yang lolos KMI adalah Dokter Multicom Technology Penyedia Jasa Service Komputer Cepat dan Praktis yang diusul oleh Muhammad Iqbal Maulana dengan pembimbing Sri Fitria Retnawaty, SSi., MT. kemudian Paper Soap Kulna yang diusul oleh Akmal Arshad Shidiq yang dibimbing oleh Denny Astrie Anggraini, MT., dan Fiqo Collection Fashion Hijab Corak Khas Melayu yang diusul oleh Ropiqotul Husna dengan bimbingan Delovita Ginting, M.Si.

Pada kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiwa Nasional Umri mengirimkan Dian Hafiza Triana dengan judul “Kepatuhan Pajak Generasi Muda di Kota Pekanbaru : Semu atau Potensial? dan Merli Sestria yang berjudul “Smart Material Fotokatalis Mno2/Zno/Zsm-5 Via Metode Solvotermal untuk Green Degradation Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit”.