SELAMAT RAYAKAN IED FITRI 1442 H

SELAMAT RAYAKAN IED FITRI 1442 H

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Wr Wb.

Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar. Laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahuakbar wa lillahilham. Kita baru saja melewati bulan suci Ramadhan 1442 H. Idul fitri tahun ini kita kembali lewati sama seperti tahun lalu. Kita semua tengah berjuang di masa – masa krisis pandemi Covid-19.

Setelah sebulan penuh berpuasa, sampai lah kita pada hari kemenangan. Momen yang membawa kita kembali kepada kesucian diri. Hakikatnya, bulan Ramadhan mengembalikan jati diri manusia melalui aktifitas puasa, qiyamul-lail, bersedekah dan ibadah lainnya. Dan Ramadhan kali ini menjadi sangat istimewa, mengingatkan kita lagi dan lagi untuk terus optimis, meningkatkan nilai – nilai spiritual dan sosial serta bahu membahu di dalam bermasyarakat. Nilai – nilai tersebut lah yang harus dibawa meski Ramadhan telah berakhir.

Tujuan utama perintah puasa Ramadhan adalah agar kita menjadi orang yang bertaqwa. Dalam kondisi apapun, senang maupun susah, lapang atau sempit, kita wajib berusaha untuk menjadi orang yang bertaqwa. Walaupun dalam kondisi pandemic covid-19, mari kita terus meningkatkan ketaqwaan dan kesabaran. Ketaqwaan dan kesabaran adalah modal utama untuk menghadapi kondisi pandemi saat ini. Taqwa adalah istiqomah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sifat orang bertaqwa ada 6 menurut Al-Qur'an Surah Ali 'Imran ayat 134-134.

1. Bersedekah pada saat lapang dan sempit.

2. Menahan amarah.

3. Memberi maaf.

4. Segera ingat Allah jika tersalah.

5. Banyak bertaubat dan istigfar, dan

6. Tidak larut dalam dosa.

Alhamdulillah kita telah memasuki 1 Syawwal 1442 H. Mari kita sambut Hari Raya Idul Fitri yang mulia ini dengan mengumandangkan takbir dan tahmid sebagai ungkapan rasa syukur dan pengakuan atas kebesaran dan keagungan Allah SWT. Kita jadikan Idul Fitri sebagai momen untuk menguatkan tekad, saling memaafkan, menguatkan niat untuk menebar Rahmatan lil-alamin, kasih sayang dan persaudaraan. Kita ambil hikmah dari kondisi ini. Kita rayakan Idul Fitri tahun ini dengan tetap mengikuti himbauan pemerintah, menjaga kesehatan diri dan orang lain serta tidak mendekati kerumuman. Jangan lalai, teruslah berdisiplin menjalankan protokol ini agar kita bisa memutus penyebaran virus bersama. Meskipun raga kita tidak bertemu, kita manfaatkan teknologi untuk memelihara silaturrahim dan melepas rindu. Untuk itu, kepada saudara - saudari sekalian, mahasiswa/i yang kami cintai, segenap mitra kerja, para pegawai, karyawan/i, para dosen dan seluruh sivitas akademika UMRI, saya ucapkan Minal aidin wal faidzin Taqabbalallahu minna wa minkum, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT selalu memberkahi dan melindungi kita. Sampaikan salam kami kepada keluarga di rumah. Semoga kita semua dalam  keadaan sehat selalu hingga kita bisa bertemu kembali. Saya tulis pantun berikut ini :

 

Siang – siang minum air kelapa

Minum nya di pojok kantin

Satu Syawal telah menyapa

Saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Rektor,

Dr. Mubarak, M.Si.