Sambut Mahasiswa Baru, UMRI Angkat Tema “Spirit kebangsaan generasi tangguh Indonesia”

Sidang Senat Pengukuhan Mahasiswa Baru 2021/2022

Humas – Dua tahun pandemi tidak menghalangi Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) untuk menyambut mahasiswa baru. Sebanyak 2.326 mahasiswa dilantik pada Selasa (28/9) pagi. Dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Ta’aruf (Masta) tahun ajaran 2021/2022 dilakukan secara hybrid (bauran) pada 28 – 29 September 2021.

Pembukaan PKKMB dan Masta dibuka resmi oleh Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan suka cita menyambut kehadiran mahasiswa baru di UMRI. “Selamat bergabung menjadi keluarga besar UMRI. Selamat datang di dunia pendidikan tinggi. Dunia yang penuh tanggung jawab dan membutuhkan kerja lebih keras dan cerdas,” sambutnya.

Tema “Spirit kebangsaan generasi tangguh Indonesia” yang diangkat pada PKKMB dan Masta tahun ini, merangkum acara dengan konsep nasionalis dan cinta keragaman Indonesia. “Beragam nya asal mahasiswa baru dari 106 Kabupaten / Kota dari Provinsi Besar di Indonesia dapat menjadikan UMRI kampus yang mengedepankan toleransi dan menjadi lingkungan yang nyaman dalam menyongsong masa depan Ananda sekalian,” ungkap Mubarak.

Sementara, Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Khuzaifah Dimyati, M. Hum yang hadir secara daring mengapresiasi UMRI yang tahun ini menerima mahasiswa baru dengan jumlah yang meningkat. Saat ini mahasiswa aktif UMRI mencapai lebih dari 11 ribu orang. Di sisi lain, perguruan tinggi termasuk LLDIKTI X cukup kompetitif dalam capaian mahasiswa,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan rasa bangga karena mahasiswa baru UMRI tidak sekedar warga Riau. Beberapa mahasiswa berasal dari pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan daerah lain di sekitar Provinsi Riau sendiri. Ia mengharap untuk menunjang proses akreditasi, UMRI diharapkan melakukan pertukaran mahasiswa asal luar negeri dan terus mengembangkan kerja sama dengan pihak luar baik dalam hal akademik dan bidang lainnya. (rn).