Sivitas Akademika UMRI Ikuti Sosialisasi BPJSTK

Sosialisasi BPJSTK kepada Sivitas Akademika UMRI

Humas - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengambil peran penting dalam berkontribusi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) bagi pegawai di lingkungan UMRI pada Jum’at (17/9). Mengingat pentingnya perlindungan bagi para pekerja di perguruan tinggi, sejumlah Dosen dan tenaga kependidikan mengikuti sosialisasi tersebut di Aula KH. Ahmad Dahlan dan melalui video conference. Acara ini digelar untuk meningkatkan pemahaman pegawai UMRI mengenai pelaksanaan program dan cara memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si dalam sambutannya bahwa sosialisasi ini dinilai penting lantaran aspek keselamatan dan kesehatan di tempat kerja yang menjadi salah satu kunci tercapainya 2030 Agenda for Sustainable Development Goals. “Untuk itu, sebagai kontribusi UMRI dalam tercapainya tujuan tersebut di samping juga aspek penting akan keselamatan pegawai yang harus dijamin di lingkungan kampus,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menegaskan bahwa pemahaman pegawai UMRI terhadap BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu alat agar pegawai dapat bekerja dengan tenang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru, Panam Zaid Afkar mengungkapkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sendiri meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun dan jaminan hari tua.

“Kecelakaan kerja merupakan kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, timbulnya trauma,”ujar Zaid.

Sosialisasi tersebut diharapkan agar sivitas akademika UMRI memahami program-program BPJS Ketenagakerjaan sehingga dapat mengetahui manfaat yang didapat dengan menjadi peserta. (rn).