Belajar Membangun Startup Digital melalui Pelatihan Bisnis dan Wirausaha

Presentasi Ide Bisnis

Humaspro – Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengadakan pelatihan bisnis dan wirausaha dengan tema membangun perusahaan rintisan (startup) digital sebagai rangkaian dalam pelatihan soft skill UMRI 2021. Diikuti oleh peserta yang terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa pemprov dan Dosen kewirausahaan, kegiatan ini diadakan di Ballroom Hotel Labersa, Pekanbaru pada Selasa (31/8).

Sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada pembentukan entrepreneur muda, UMRI memberi gambaran landskap model bisnis berbasis digital. Wakil Rektor 1 UMRI, Sri Fitria Retnawaty, S.Si, MT dalam sambutan pembukaan pada sesi ini menyebutkan bahwa landskap ekonomi saat ini telah berubah. “Kurikulum perkuliahan wirausaha yang kita rancang harus beradaptasi dengan model bisnis era saat ini. Sehingga diharapkan pelatihan startup digital hari ini bisa menghasilkan entrepreneur digital dari UMRI,”jelasnya.

Pelatihan ini dipandu oleh Shiella Priscilla selaku CEO MeetUp dan Office Space Pekanbaru bersama tim. Mengawali sesinya, Shiella mengungkapkan bahwa Pekanbaru memiliki potensi besar dalam mencetak wirausahawan di perusahaan rintisan berbasis digital.

“Anak muda saat ini punya keinginan untuk bekerja dan dapat memberi nilai kepada orang banyak,”tuturnya. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa startup bermula dari kejelian dan kepekaan anak muda terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, lalu memberi solusi dengan memanfaatkan sumber daya yang terdekat.

Layaknya hari demo pada k-drama Start-up, pelatihan ini dilanjutkan dengan presentasi dari perwakilan mahasiswa sebanyak 20 orang. Mahasiswa mempresentasikan ide bisnisnya untuk menarik rekan yang lain untuk bergabung. Setelah itu, ada 10 ide bisnis yang terbaik untuk dapat dikembangkan sebagai perusahaan rintisan (start-up). Dibina oleh para Dosen, mahasiswa bergabung dalam 10 kelompok untuk berdiskusi mengimplementasikan ide bisnis tersebut. (rn).