FMIPA UMRI Kembali Adakan Seminar Nasional

Pemaparan Materi Seminar

Humaspro – Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam & Kesehatan (FMIPA & Kesehatan) UMRI kembali menyelenggarakan seminar nasional atau disebut SEMNasMIPAKes pada Kamis (26/8) bertema Inovasi Riset Sains, Teknologi dan Kesehatan dalam Menghadapi Era Pasca Vaksinasi. Agenda tersebut diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Youtube Universitas Muhammadiyah Riau. Rektor UMRI Dr. Mubarak, M.Si hadir untuk membuka seminar nasional secara resmi. Hadir pula Dekan FMIPA UMRI, Juli Widiyanto, S.Kep., M.Kes. Epid yang juga memberi sambutan.

Dr. Jufrizal Syahri, M.Si selaku Ketua Panitia Seminar dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan oleh FMIPA UMRI. “Pada tahun 2020, seminar nasional ini sempat ditunda lantaran adaptasi kita dengan pandemi covid-19,”ungkapnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa seminar ini nantinya dapat mencerahkan kita semua bagaimana program vaksin yang berjalan dapat mencegah dan menyembuhkan masyarakat dari virus covid-19 hari ini. Diharapkan, saat program vaksinasi selesai dapat menciptakan herd immunity di tengah masyarakat.

Seminar nasional FMIPA & Kesehatan 2021 dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, penyelenggara mengundang tiga keynote speaker yaitu Prof. Dr. rer.nat. Agus Rubiyanto, M.Eng.Sc, Ketua Pusat Penelitian Sains Fundamental yang juga Dosen Departemen Fisika di ITS, Dr. Wirdati Irma, S.Pd., M.Si, Dosen Prodi Biologi UMRI, dan Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, Direktur Umum & Sumber Daya RS UNAND yang juga Dosen Fakultas Kedokteran UNAND. Sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi panel dan tanya jawab.

Setelah rangkaian acara tersebut, pemakalah akan mempresentasikan makalah nya di masing-masing ruang zoom yang telah disediakan. Agenda ini diikuti oleh 58 pemakalah, baik dari dosen dan instansi atau korporat, serta diikuti oleh 300 peserta. (rn).