UMRI Jadi Pendamping Program SMK Pusat Unggulan di Riau

Kepala Sekolah SMK Pusat Unggulan & Dosen UMRI

Humaspro -  Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) diberi kepercayaan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk mendampingi SMK Unggulan di Provinsi Riau melalui program Hibah Pendampingan SMK Pusat Keunggulan tahun 2021.

”Kami akan mendampingi tiga SMK yaitu SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, SMK Negeri 7 Pekanbaru dan SMK Multi Studi High School Batam, Kepulauan Riau. Pendampingan ini dalam hal pengembangan kurikulum, kegiatan kerja sama dunia industri dan pemanfaatan teknologi,” ungkap Yeeri Badrun, Pengarah Program Pusat Keunggulan UMRI (3/7/21).

Ia menambahkan bahwa tim nya dibagi menjadi tiga untuk membawa SMK tersebut menjadi pusat keunggulan. Di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dan SMK Multi Studi High School, tim UMRI akan membina dalam bidang ekonomi kreatif. Sedangkan di SMK Negeri 7 Pekanbaru, dalam bidang hubungan kerja sama luar negeri.

Lebih dari 100 perguruan tinggi di Indonesia dengan pengalaman dan rekam jejak yang baik akan membantu SMK dalam mempercepat akses untuk bermitra dengan dunia kerja. Program SMK Pusat Keunggulan ini diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai program Merdeka Belajar ke-8 yang diharapkan dapat menjadi penggerak bagi sekolah lainnya agar meningkatkan kualitas dan kinerja. “Ini adalah kolaborasi yang baik di dunia pendidikan. Dengan begitu, diharapkan jumlah lulusan SMK yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha dalam satu tahun setelah kelulusan akan mengalami peningkatan,”tutup Yeeri. (*)