Resmikan Dua Lokasi Terakhir, PT. CPI dan LPPM UMRI Bangun Fasilitas Air Bersih bagi Masyarakat

Penandatanganan Serah Terima Fasilitas Air Bersih

Humaspro - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melalui lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM) mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Sedinginan dan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir. Program ini merupakan program PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) dalam pengadaan air bersih sebagai implementasi Hybrid Health dari program Chevron untuk Riau Sehat dan Sejahtera (CHERISH) dengan menggandeng LPPM UMRI sebagai mitra pelaksana. Peresmian fasilitas dan pengadaan air bersih di dua lokasi tersebut dilakukan pada hari Minggu (27/6) dengan protokol kesehatan ketat. Turut hadir dalam peresmian Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman yang sekaligus meresmikan fasilitas air bersih di kedua lokasi tersebut.

VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin mengungkapkan bahwa keberadaan fasilitas ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terhadap akses air bersih. “Kami berharap akses air bersih ini turut mendukung kesehatan masyarakat dan agar fasilitas ini dirawat sehingga bermanfaat dalam jangka waktu yang panjang,“imbuhnya.

Dalam sambutannya pada peresmian di lokasi Sedinginan, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Dr. Mubarak, M.Si mengungkapkan bahwa lokasi Mesjid Fahrulmilad dan Mesjid Raya An-nur merupakan dua lokasi terakhir dalam rangkaian pengadaan akses air bersih bagi masyarakat. “Dari beberapa lokasi daerah operasional Chevron yang dinilai sulit untuk mendapatkan akses air bersih, UMRI melakukan survey untuk menentukan titik-titik potensial menghasilkan air bersih menggunakan teknologi GWFS (Geogreen Water Finder System),”terangnya.

Pada lokasi di Sedinginan, 4 sumur dibangun dengan kedalaman masing-masing 1 x 102 m, 1 x 36 m dan 2 x 15 m dengan dilengkapi 2 pompa submersible (pompa celup) 0,5 HP dan instalasi listriknya dan 1 pompa jetpump (pompa hisap). Juga bak air beton kapasitas lebih dari 22.500 L dilengkapi dengan kran air dan instalasi ke sarana wudhu di Masjid yang dapat mengakomodir fasilitas berwudhu lebih dari 300 jamaah perhari dan sekitar lebih dari 30 KK.

Sedangkan pada lokasi Rantau Kopar, 1 sumur dibangun dengan kedalaman 108 m dengan dilengkapi 1 pompa submersible (pompa celup) 0,75 HP dan instalasi listriknya. Juga Bak air beton kapasitas lebih dari 22.500 L yang dilengkapi dengan kran air dan instalasi ke sarana wudhu di Masjid, UPTD, dan Kantor Lurah Rantau Kopar. Fasilitas tersebut mampu mengakomodir fasilitas berwudhu lebih dari 500 jamaah masjid perhari, kebutuhan harian sekitar lebih dari 50 KK dan sangat berpotensi adanya usaha air bersih serta pendistribusian ke rumah-rumah.

Program ini diharapkan dapat membantu kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya pada kondisi yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan hidup bersih dan sehat di pandemi covid-19. Acara ditutup dengan penandatanganan serah terima oleh PT. Chevron ke Lurah Sedinginan dan Rantau Kopar yang disaksikan oleh Bupati Rokan Hilir, Rektor UMRI, SKK Migas dan Camat, dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya sumur air bersih di dua lokasi tersebut. (rn)