Terbanyak Se-LLDIKTI Wilayah X, 29 PKM UMRI Mendapat Dana Hibah DIKTI

PKM UMRI 2021

umri.ac.id- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi merilis penerima hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada Rabu (5/5). Dalam lampiran tersebut, terdapat 29 proposal PKM mahasiswa UMRI dinyatakan lolos dan menerima pendanaan.

Pencapaian tersebut meningkat dari tahun 2020 yang saat itu UMRI meraih 15 proposal yang lolos. Hal itu juga memasukkan UMRI sebagai Universitas terbanyak penerima hibah se-LLDIKTI wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau).

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMRI Muhammad Ridha Fauzi, ST., MT menyampaikan pada tahun ini UMRI mengajukan sebanyak 204 proposal PKM. Namun dari jumlah tersebut sebanyak 29 yang lolos memperoleh dana hibah penelitian.

“29 proposal UMRI yang mendapat dana hibah penelitian tersebut mencakup skim kewirausahaan, karsa cipta, pengabdian masyarakat, penerapan teknologi, riset eksakta dan riset humaniora,”ungkapnya, Rabu (16/5).

Ridha menyampaikan Dirjen Dikti memberikan dana hibah PKM rata-rata 7-9 juta untuk setiap proposal. Dengan demikian, UMRI menerima dana penelitian PKM sekitar 240 juta untuk 29 proposal yang berhasil lolos.

Setelah menandatangani kontrak dengan Dirjen Dikti nantinya, dana akan dicairkan untuk mahasiswa melakukan program PKM yang telah diajukan. Selanjutnya sebagai output dari program ini, diharapkan ada seminar nasional yang diadakan atau membuat jurnal terindeks sinta.

Pencapaian UMRI dalam program PKM ini tidak terlepas dari upaya yang terus dilakuksan. Diantaranya, pihak LPPM UMRI sedini mungkin mengumumkan persiapan proposal PKM agar mahasiswa dan Dosen Pembimbing dapat bersinergi.

“Internal UMRI yang terdiri dari Dosen-Dosen yang beberapa kali lolos proposal PKM melakukan bedah klinis sesuai dengan masukkan reviewer,”tambahnya.

Ridha berharap proposal yang lolos ini dapat dibimbing oleh Dosen sampai luaran dapat tercapai. Sehingga jika berkesempatan menjadi yang terbaik akan dikirim ke ajang nasional PIMNAS 2021 yang akan diadakan di salah satu universitas di Indonesia. (humas/rn)