POSSE UMRI 2021 Resmi Dibuka, PROF. Haedar Nashir: Ajang Kreativitas Generasi Muda

Tapak Suci UMRI

Umri.ac.id - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir membuka secara resmi Pekan Olahraga Sains dan Seni (Posse) tahun 2021 tingkat nasional dan internasional yang ditaja oleh Universitas Muhammadiyah Riau. Pembukaan Posse 2021 dilaksanakan secara virtual pada Senin (5/4/2021) pukul 10.00 WIB yang juga dihadiri seluruh pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiah (PTMA) se-Indonesia dan Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar.

Ketua Posse 2021 H. Eka Putra ST, MSc yang juga Dosen Fakultas Komunikasi dalam laporannya bahwa Posse merupakan kegiatan kompetisi tahunan antar-mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Riau. “Pada tahun ini, Posse 2021 diselenggarakan secara virtual dengan lingkup nasional dan internasional,”ungkapnya.

Menurut Eka, ada 10 cabang lomba yang dilombakan. Tiga diantaranya berkategori internasional. "Ada 3 cabang untuk kategori internasional dan 7 cabang untuk kategori nasional. Ke-3 cabang lomba kategori internasional tersebut adalah Tapak Suci, Film Pendek atau short movie, dan Lomba Baca Puisi. Sedangkan 7 cabang lomba kategori nasional adalah (1) MTQ yang terdiri dari tilawah, tahfidz 5 juz dan tahfidz 10 juz; (2) Lomba Paduan Suara; (3) Lomba Orasi Lingkungan tingkat Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala); (4) Virtual Run; (5) Lomba Karya Tulis Ilmiah; (6) Lomba Menulis Cerpen; dan ke-7 Lomba Seni Tari Kontemporer. Alhamdulillah antusiasme masyarakat cukup tinggi ketika flyer lomba sudah mereka terima," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa seluruh kegiatan lomba dilaksanakan secara online atau virtual event. Peserta cukup bertemu melalui saluran virtual yang sudah disediakan, atau hanya mengirimkan karya audio visual mereka untuk cabang-cabang lomba yang diikuti.

Rektor UMRI Dr. H. Mubarak, M.Si mengungkapkan dalam sambutannya bahwa POSSE tahun ini mendorong generasi muda tetap bergerak dan aktif meski dalam kondisi pandemi covid-19. Ia juga mengutarakan ucapan terima kasih atas kesediaan Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir dan Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar untuk memberi sambutan dan semangat kepada mahasiswa dan acara ini.

Hal itu disambut baik oleh Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Haedar Nashir. melalui saluran video conference, Ia mendukung kesemangatan anak muda di keterbatasan mobilitas ini. “Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang kreativitas generasi muda, dan menjadi sarana memberikan kebermanfaatan untuk umat,”ungkapnya. Acara ini resmi dibuka dan berjalan selama tiga bulan kedepan yang nantinya akan diikuti oleh perayaan Milad UMRI ke-13. (rn).