Dibuka Wagubri, 2.377 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB MASTA UMRI 2022


Pekanbaru - Sebanyak 2.377 mahasiswa baru (Maba) Ahad (18/9/2022) memadati Halaman Kampus Utama Universitas Muhammadiyah (Umri) pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Ta'aruf (MASTA) 2022.  Kegiatan yang mengusung slogan “Do Your Best, You Are the Best!" tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Afrizal Natar Nasution SIP.

"Gantungkan cita-citamu setinggi mungkin dan jangan pernah main-main terhadap pilihan yang sudah kalian ambil saat ini. Lakukan dengan sebaik mungkin agar kamu mendapatkan hal terbaik dan versi terbaik dari cita-cita yang kamu gantungkan itu. Senada dengan slogan PKKMB tahun ini yakni Do Your Best." kata Edy Natar saat memberikan semangat kepada mahasiswa baru Umri.

Edy melanjutkan, mahasiswa baru Umri merupakan orang-orang terpilih dan itu merupakan kesempatan besar untuk berproses menjadi para orang besar dan memberikan manfaat besar bagi bangsa, negara dan provinsi Riau ini ke depan.

Edy juga mengatakan bahwa pemprov Riau memberikan perhatian khusus untuk memajukan sektor pendidikan melalui Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Prestasi dan Bantuan Pendidikan bagi mahasiswa kurang mampu. Tahun 2021 pemprov Riau mengalokasikan bwasiswa dengan jumlah penerima 7.491 orang dengan nilai sebesar Rp. 88.747.722.000. 

"Adapun untuk Umri jumlah penerima 748 orang, dengan rincian beasiswa bidikmisi 310 orang, beasiswa prestasi 346 orang dan bantuan pendidikan mahasiswa kurang mampu untuk 92 orang dengan total Rp. 9.529.330.000. Ke depan Pemprov Riau akan terus mengalokasikan beasiswa prestasi, bidikmisi maupun bantuan mahasiswa kurang mampu untuk mendukung sektor pendidikan. Dengan adanya program ini kita berharap akan dapat menghasilkan SDM yang bersaing dan berkompetisi secara global" beber Edy.

Seremonial pembukaan acara tersebut jdihadiri oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin, MA, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Dr H Abdul Wahid MUs, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Riau Dra Hj Syariah MM, Badan Pembina Harian Umri, serta para civitas akademika mulai dari Wakil Rektor hingga Dekan, Direktur, dan Kepala UPT, Lembaga, Kantor, serta Ketua Program Studi di lingkungan Umri. Pembukaan kegiatan PKKMB ini ditandai dengan pemukulan kompang oleh Wakil Gubernur Riau dan Rektor Umri.

"Mahasiswa Umri harus memegang teguh nilai BEST yakni Belief (Keimanan), Excellent (Cemerlang), anda adalah para millenial yang akan mewarisi sederet permasalahan di masa depan yang harus mampu diselesaikan dengan baik. Kemudian ada Struggle (Berjuang) dan Thoughtful (Kebijaksanaan)," ujar Saidul Amin membakar semangat mahasiswanya.

Lebih jauh, Rektor Umri menjelaskan ada tiga "H" yang diterapkan di Umri yakni "Head" yaitu diberikan visi misi intelektual Muhammadiyah yang akan menjadi pemimpin, kedua "Heart" yakni iman dan ideologi yang menjadi problem solved dan menjadi pencerah ditengah-tengah masyarakat. Sedangkan "H" yang ketiga adalah "Hand" yakni bekerja keras dan bekerja cerdas, sebab keyakinan dan ideologi tanpa usaha yang nyata dan gigih, maka akan sia-sia.

Saidul juga mengatakan bahwa di tahun yang akan datang, Umri akan mulai menerima mahasiswa kelas Internasional. Ia menyebut pihaknya juga sudah melakukan komunikasi dengan banyak pihak diantaranya Malaysia, Thailand dan Kamboja. Artinya, Umri benar-benar melebarkan sayapnya dalam menerima mahasiswa yang tak hanya berasal dari Indonesia saja, tapi juga dari negara lain.

Kegiatan PKKMB MASTA yang dinahkodai oleh  Dr Jufrizal Syahri MSi ini diikuti oleh ribuan mahasiswa yang dinyatakan berhasil lulus dalam seleksi mahasiswa baru yang buka sejak Januari hingga September 2022. Dalam kesempatannya, Wakil Rektor III Umri ini mengajak mahasiswa baru untuk menjadi bagian dalam membangun peradaban yang berkemajuan dan sebagai pencerah masyarakat ditengah kegelapan. Acara pembukaan ini juga dimeriahkan dengan Orasi Presma BEM Umri serta sejumlah atraksi dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diantaranya, Mapala, Tapak Suci, Club Olahraga, Paduan Suara, dll.

Universitas Muhammadiyah Riau memiliki delapan Fakultas, diantaranya; Fakultas Teknik dengan Prodi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, dan D3 Mesin Otomotif. Kedua; Fakultas Mipa dan Kesehatan dengan program studi S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Kimia, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan dan S1 Farmasi. Ketiga; Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdapat program S1 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen dan D3 Keuangan Perbankan.

Keempat Fakultas Ilmu Komputer dengan prodi S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Informasi. Kelima Fakultas Ilmu Komunikasi dengan prodi S1 Ilmu Komunikasi dan S1 Hubungan Masyarakat. Keenam Fakultas Hukum dengan prodi S1 Ilmu Hukum. Ketujuh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Teknik Informatika, S1 IPA dan S1 Pendidikan Vokasional Elektronika. Dan terakhir Fakultas Studi Islam dengan prodi S1 Psikologi Islam, S1 Perbankan Syariah serta S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.