Umri Serahkan Bantuan Pembangunan Komplek Perguruan Muhammadiyah Ujung Batu

Ujung Batu - Musibah Kebakaran yang menimpa SMP Muhammadiyah Ujung Batu pada awal Agustus lalu, menggugah semangat untuk saling membantu di kalangan warga persyarikatan Muhammadiyah seluruh Indonesia. Semangat tersebut juga diberikan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melalui bantuan tunai dan pengadaan peralatan lainnya.

Bantun itu diserahkan langsung oleh Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA dalam acara peletakan baru pertama pembangunan Komplek Perguruan Muhammadiyah Ujung Batu pada Sabtu (17/9/2022). Bantuan itu berupa tunai sebesar 25 juta rupiah yang diserahkan melalui Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LazisMu) Riau serta beberapa set komputer dan kursi yang kelak akan mendorong proses kegiatan belajar mengajar di sekolah ini. 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Ujung Batu Fisman Hendri SHut, Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr H Abdul Wahid MUs, Direktur LazisMu Riau Jon Hendri Hasan, Ketua PD Muhammadiyah Rokan Hulu H Abdul Gani, Ketua PC Muhammadiyah Ujung Baru H Dasril, Tokoh Masyarakat yang merupakan mantan Wakil Bupati Rokan Hulu H Hafit Syukri serta ratusan warga persyarikatan Muhammadiyah Rokan Hulu.

Dalam sambutannya, Saidul Amin mengatakan pembangunan komplek ini tidak hanya melibatkan persyarikatan lokal, namun secara nasional. "Kepedulian persyarikatan terhadap pembangunan Komplekk pendidikan di Ujung Batu ini melibatkan warga perserikatan secara Nasional, hal merupakan gambaran bagaimana Muhammadiyah melakukan dakwah islam secara maju, taat dan cinta terhadap agama dan persyarikatan. Oleh karenanya mari berMuhammadiyah," ujar Saidul.

Sementara Camat Ujung Batu berharap dengan hadirnya Umri dalan forum tersebut dapat memberikan kemajuan program pendidikan di Wilayah Administrasinya. 

"Semoga Umri dapat memberikan sumbangsih lebih besar terhadap Ujung Batu khususnya dibidang pendidikan dengan mendirikan cabang universitas sebagai tindak lanjut pendidikan menengah keatas," ucap Fisman.

Selain bantuan dari Umri, pada kesempatan tersebut beberapa tokoh masyakarat dan persyarikatan juga turut memberikan sumbangan riil ataupun materil seperti 30 ribu buah batu bata yang digunakan untuk membangun gedung baru, semen hingga batuan dana sebesar 65 juta yang diberikan oleh PW Muhammadiyah Riau.

Ketua PW Muhammadiyah Riau Berharap, kompleks ini bisa menjadi pusat dakwah dan pendidikan Umat di Ujung Batu. "Muhammadiyah harus hadir sebagai sebagai pusat, baik dalam bidang dakwah, pendidikan serta aspek lainnya. Tidak hanya di Ujung Batu saja nantinya. Tapi seluruh daerah di penjuru negeri," jelasnya. (WH)