Pembekalan II Mahasiswa KKN Umri Hadirkan Pj. Bupati Kampar, Rektor: Mahasiswa Umri Harus Jadi Pioner Pak Bupati

Pekanbaru - Pembekalan tahap II mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XII Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) hadirkan Pj. Bupati Kampar, Dr. Kamsol, MM sebagai pemateri, Selasa (26/7/2022) di auditorium kampus Umri. Penyelenggaraan pembekalan yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Umri ini sebagai langkah mempersiapkan peserta KKN yang tangguh di tengah masyarakat. 

Rektor Umri, Dr. H. Saidul Amin, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2022 Umri mengirimkan 50 persen dari total 1.385 mahasiswa KKN untuk Kabupaten Kampar yang berasal dari Prodi dan Fakultas yang berbeda. Dengan sistem kelompok KKN yang multidispliner, insya Allah kehadiran mahasiswa KKN Umri mampu memecahkan berbagai masalah seperti soal sampah, stunting dan ekonomi yang ada di Kabupaten Kampar secara komprehensif. 

"Oleh karena itu, adik - adik mahasiswa harus mampu menjadi pion-pion Pak Bupati untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang program kerja serta dapat memberikan Ilmu agar Kampar cemerlang, gemilang dan terbilang," ungkap Rektor. 

Beliau juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pj. Bupati Kampar yang telah memberikan support dan dukungan dalam suksesnya Kegiatan KKN ini hingga akhir kegiatan nantinya. 

Sementara itu, Pj. Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, MM dalam paparan materinya kepada ribuan mahasiswa KKN Umri mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan KKN Umri di Kabupaten Kampar. 

"Saya, atas nama Pemerintah Kabupaten Kampar mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Universitas Muhammadyah Riau ini, dalam rangka mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa yang cerdas, tangguh serta berkarater untuk Indonesia ke depan," ujarnya. 

Ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan KKN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan pemikiran berdasarkan Ilmu Pengetahuan, dalam upaya menumbuhkan, mempercepat gerak serta mempersiapkan kader-kader pembangunan dalam  meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.
 
“KKN juga diharapkan dapat meningkatkan kedewasaan dan kepribadian, yakni nasionalisme dan jiwa Pancasila, keuletan, etos kerja, dan kewirausahaan serta memperluas wawasan mahasiswa," jelasnya. 

Ia berharap mahasiswa dapat mengimplementasikan Ilmu Pengetahuan serta wawasan dalam kehidupan bermasyarakat karena KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
 
“Untuk itu berikan sumbangsih sesuai kapasitas keilmuan yang adik - adik miliki selaku intelektual muda. Berikan masukan dan saran serta terobosan baru dalam memajukan dan membangun negeri ini.” tutupnya. 

Ketua LPPM Umri, Dr. Aidil Haris, S.Sos., M.Si menyebutkan pelaksanaan KKN tahun 2022 disebar pada 5 wilayah kabupaten/kota se Riau yaitu Kampar, Siak, Pelalawan, Kuansing dan Pekanbaru. "Total kelompok KKN tahun ini mencapai 94 kelompok yanh disebar ke setiap desa dan kelurahan dari 5 kabupaten kota se Riau".