Sidang Senat Terbuka UMRI sebagai Puncak Semarak Milad ke 14

UMRI pro - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan Milad ke-14 mulai dari tanggal 4 - 7 Juni 2022 di Universitas Muhammadiyah Riau dengan tema Hand in Hand to be Excellent. Adapun tema tahun ini dipilih agar seluruh civitas termasuk mahasiwa UMRI ikut berkontribusi bersama dalam mewujudkan visi dan misi UMRI. Perayaan Milad UMRI tahun ini dilaksanakan secara meriah dengan serangkaian acara  seperti perlombaan diantara civitas akademik UMRI dan Kuliah Umum Sejarah Berdirinya UMRI. Puncak dari acara Milad ini adalah Sidang Senat Terbuka Milad ke-14 Universitas Muhammadiyah Riau yang diselenggarakan secara luring pada tanggal 7 Juni 2022 di Aula Lantai 3 Universitas Muhammdiyah Riau.

Rektor UMRI, Dr. Saidul Amin, M.A, dalam pidato sambutannya menyampaikan ” Saya sangat berharap, semua yang terkait dengan Universitas Muhammadiyah Riau baik sebagai Dosen, Tenaga Kependidikan, pegawai hingga mahasiswa bangga menjadi kader-kader Muhammadiyah yang progresif dan adaptif. Selain itu, dosen-dosen dan mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam setiap bidang keilmuannya yang kita kenal dengan integrasi ilmu pengetahuan. Mari kita mencoba untuk belajar untuk mencintai Muhammadiyah,”. Ujarnya. Tidak lupa Bapak Rektor juga menyampaikan berbagai macam prestasi-prestasi yang berhasil didapatkan oleh UMRI sebagai bentuk apresiasi bagi kinerja seluruh civitas akademik UMRI.

Masih dalam rangka Milad, ketua PP Muhammadiyah Bapak Prof. Dr. Haidar Nasir, M.Si juga turut menyampaikan harapannya dalam video sambutan. Beliau mengungkapkan bahwa “Milad seharusnya menjadi bentuk dan ungkapan rasa syukur apa yang telah dicapai dan hal itu menjadi tanggung jawab kita bersama dalam menjaga, merawat serta memajukan UMRI sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah”.   Tidak ketinggalan Bapak Gubernur Provinsi Riau juga menyampaikan harapannya untuk UMRI. Dalam sebuah video, beliau meyampaikan “Semoga UMRI dapat menjadi Perguruan Tinggi yang berintegritas dan mampu berkontribusi dalam membangun Provinsi Riau dalam melahirkan generasi pelajar dan tenaga pendidik yang berkualitas”. (7/6/2022)

Orasi ilmiah yang menjadi tradisi tahunan pada milad UMRI kali ini disampaikan oleh Ibu Dr. Evi Marlina, S.E.,M.Ak selaku dosen pada program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dalam orasinya beliau mengyampaikan bahwa “Kehadiran transformasi digital akan menghadirkan dampak yang positif bagi kapabilitas pekerja apabila sumberdaya organisasi serta pengendalian aktivitas operasional organisasi  dapat dijalankan dengan baik “ujarnya. Jadi bisa dikatakan bahwasannya suatu keberhasilan dalam sebuah instansi pendidikan itu berasal dari adanya kerja sama dengan tujuan yang sama khususnya dalam hal manajemen sumber daya dan piha-pihak yang terlibat di dalamnya.

Pada akhir acara prosesi milad UMRI memberikan penghargaan bagi segenap dosen maupun tenaga kependidikan yang telah berdedikasi dan berprestasi selama lebih dari 10 tahun. Hal ini dilakukan agar para tenaga pengajar di UMRI terus berkomitmen dalam mewujudkan cita-cita UMRI bersama. Selain itu, UMRI juga memberikan beberapa penghargaan yang dibagi menjadi beberapa kategori yaitu, penghargaan Tendik ter- disiplin, Tendik yang memiliki komitmen kerja, Tendik Bidang AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan), dan Tendik ter-favorit. Penghargaan juga diberikan kepada dosen bidang akademik terbaik dan dosen bidang AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) terbaik.

Dan terakhir penyerahan penghargaan juga diberikan kepada beberapa dosen yang memiliki prestasi yang gemilang, khususnya dalam bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah yang terbaik. Tidak lupa juga penghargaan diberikan kepada dosen-dosen dan program studi yang berhasil membimbing mahasiswa untuk mendapatkan hibah PKM mahasiswa tahun ini sekaligus UMRI menjadi perguruan tinggi dengan penerima hibah terbanyak yang berhasi menduduki urutan ke-21 se-Indonesia khususnya di tingkat Provinsi Riau hingga berhasil mencapai PIMNAS pada tahun lalu.

Prosesi penutupan acara Milad tahun ini yaitu dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba yang telah diadakan pada hari sebelumnya seperti lomba masak, lomba tahfiz, lomba futsal sarung, pencetak gol terbanyak, serta foto booth ter-exist. Semarak Milad kali ini merupakan wujud dari rasa syukur dan apresiasi atas pencapaian UMRI selama ini dan diharapkan dapat terus maju untuk kedepannya. (UM).