(0761) 35008 umri@umri.ac.id

Universitas Muhammadiyah Riau atau yang biasa disebut sebagai UMRI adalah salah satu universitas swasta yang ada di kota Pekanbaru – Riau. Sebuah universita yang merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah Indonesia yang mengedepankan semangat Technopreneurship yang belum pernah ada di kota Pekanbaru sebelumnya, menawarkan tenaga pengajar terbaik yang siap mendidik di tujuh fakultas yang ada di kampus UMRI, didukung dengan pelayanan bermutu dan berbasis teknologi juga fasilitas yang mendukung kegiatan PBM. Universitas Muhammadiyah Riau siap membawa ananda menggapai mimpi!

Muhammadiyah sebagai pilar bangsa yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang diridhai Allah SWT, sejak awal telah menjadikan pendidikan sebagai ujung tombak pembangunan bangsa. Kiprah Muhammadiyah dalam dunia pendidikan secara nasional telah dibuktikan dengan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan mulai dari pendidikan pra-sekolah hingga perguruan tinggi.

Dengan komitmen dan kesadaran yang mendalam ini, maka pada tanggal 23 Juli 1993, Persyarikatan Muhammadiyah Wilayah Riau mendirikan Akademi Teknologi Otomotif (ATOM) yang selanjutnya pada tanggal 17 Juli 1994 didirikan pula Akademi Perawatan (AKPER) Muhammadiyah dan pada tanggal 5 November 1998 berdiri Akademi Keuangan dan perbankan Muhammadiyah (AKPM) yang berkedudukan di jalan KH. Ahmad Dahlan No. 88 Sukajadi, Pekanbaru.

Dari ketiga akademi tersebut, peningkatannya terus diupayakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau agar dapt menjadi sebuah universitas dengan harapan dapat meningkatkan amal usaha pendidikannya sebagai salah satu pilar dakwah amar ma’ruf nahi mungkar melalui penyelenggaraan pendidikan, khususnya di Provinsi Riau.

Tepat pada tanggal 5 Juni 2008, cita-cita Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) akhirnya terwujud berdasarkan SK Mendiknas RI No. 94/D/O/2008 yang merupakan universitas Muhammadiyah ke-39 di Indonesia.

Sejak awal berdirinya, UMRI memiliki 5 fakultas yaitu:

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Matematika Ilmu Pengatahuan Alam dan Kesehatan
  4. Fakultas Ilmu Komputer
  5. Fakultas Ilmu Komunikasi

Meski masih seumur jagung, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) telah melaksanakan model pendidikan yang dibutuhkan stakeholder. Sistem pendidikan menerapkan Student Center Learning (SCL) dengan sajian kurikulum yang mengarahkan mahasiswa untuk mampu menjadi pemikir dan praktisi dibidangnya.

TANPA terasa, tepat pada tanggal 5 Juni 2010 lalu, Umri genap berusia 2 tahun. Ibarat bayi berumur 2 tahun, Umri tumbuh dan berkembang sesuai harapan masyarakat Riau. Pertumbuhan dan perkembangan Umri seiring dengan permintaan masyarakat yakni mencetak generasi yang berkarakter, bermarwah dan bermartabat. Cita-cita inilah yang dipikul oleh Rektor Umri, Prof. Dr. M. Diah, M.Ed. Seperti kapal yang sedang berlayar, sang nahkoda beserta ‘anak buah kapal’ dituntut untuk mampu membawa penumpang sampai ke tujuan.

Menjadikan Umri sebagai universitas bermarwah dan bermartabat bukan isapan jempol belaka. Cita-cita berat itu, ternyata dituangkan mantan rektor Universitas Riau (UR) itu dalam Rencana Strategis (Renstra) pengembangan Umri lima tahun kedepan. Perwujudan renstra tersebut diarahkan kepada menghasilkan lulusan berkualitas. Konsekuensinya, Umri mentransfer ilmu yang berkualitas kepada mahasiswa sesuai dengan permintaan stakeholder.

“Dosen-dosen Umri yang masih S1 kita gesa untuk S2, yang S2 kita sekolahkan S3. Langkah ini merupakan upaya kita untuk menjadikan Umri sebagai universitas yang bermarwah dan bermartabat sehingga nantinya diperhitungkan di tingkat lokal, nasional dan internasional,” urai pria lulusan phylosopi of doctor (PhD) Illonis University.

Selain menyekolahkan para dosen, pihaknya juga memberikan bekal berupa Workshop Applied Approach (AA) kepada dosen tetap dan dosen luar biasa yang mengajar di Umri. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada dosen tentang pendekatan-pendakatan pengajara kepada mahasiswa. Disamping itu Umri telah menerapkan Sisfo (sistem komputerisasi on-line) sehingga mahsiswa dapat dapat mengakses nilai dan mengisi KRS secara on-line. “Target kita adalah, menghasilkan lulusan yang bermarwah dan bermartabat,” tegasnya.

Untuk mengukur sejauhmana pelaksanaan program-program yang sudah disusun dalam renstra, maka Umri menerapkan sistem manajemen mutu. Untuk itu pula Umri telah meraih ISO 2008:9001 no sertifikat. QEC28498 sebagai bukti keseriusan Umri dalam sistem manajemen mutu.  Untuk tetap memastikan berjalannya sistem manajemen mutu maka dibentuk lembaga Pengmbangan Pengembangan Pendidikan dan Kontrol Mutu (LP2KM). Tugasnya mengawasi segala aspek di universitas, mulai dari akademik, sarana-prasarana sampai tercapainya mutu standar yang ditetapkan.

“Apa yang kita lakukan merupakan strategi untuk mewujudkan visi misi Umri yakni menjadi universitas yang bermarwah dan bermartabat,” tambah Diah.

Saat ini, Umri telah menyediakan 5 Fakultas bergengsi yaitu Fakultas Teknik, Ekonomi, MIPA & Kesehatan, Ilmu Komputer dan Ilmu Komunikasi. Di Fakultas Teknik terdapat program studi Teknik Otomotif (D3 Terakreditasi), Teknik Mesin (S1), Teknik Industri (S1). Di Fakultas Ekonomi memiliki program studi Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1) dan Keuangan Perbankan (D3). Kemudian Fakultas MIPA & Kesehatan terdiri atas Program studi Keperawatan (D3), Biologi (S1), Fisika (S1), dan Kimia (S1). Pada Fakultas Ilmu Komputer terdapat program studi Teknik Informatika (S1) dan Sistem Informasi (S1). Sedangkan pada Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki program studi Ilmu Komunikasi (S1) dengan konsentrasi Film &Broadcasting, Public Relation, Jurnalistik & Advertising.

Azas

UMRI berasaskan Al-Quran, As-Sunnah, Pancasila dan Undang-Undangan Dasar 1945.

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, bermarwah dan bermartabat yang mempunyai kemampuan akademik dan profesional serta beramal menuju terwujudnya masyarakat utama, adil dan
    makmur yang di ridhai Allah SWT.
  2. Mengamalkan, mengembangkan, menciptakan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam rangka memajukan islam dan meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Visi

Menjadikan Universitas Muhammadiyah Riau sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai IPTEKS dengan landasan IMTAQ tahun 2030.

Misi

  1. Mewujudkan keunggulan bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  2. Menguasai dan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  3. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi etika, nilai dan moral Islami.
  4. Menciptakan iklim kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya budaya mutu, pengembangan IPTEK dan implementasi iman dan taqwa.

Universitas Muhammadiyah Riau selalu menjunjung tinggi semangat Technopreneurship yang digalakkan disetiap kesempatan kepada seluruh jajaran staff juga mahasiswa/i. Kalimat technopreneur sendiri merupakan gabungan dari kata Technology dan Entrepreneur yang bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Techno – Merupakan bukti bahwa Universitas Muhammadiyah Riau selalu mengikuti perkembangan zaman dari segala aspek. Semangat ini diaplikasikan tidak hanya di bidang kualitas pendidikan, namun juga turut dilaksanakan di bidang manajemen dan pengembangan sekaligus menurunkan semangat ini kepada setiap siswa/i. Universitas Muhammadiyah Riau kini merupakan salah satu universitas swasta di Pekanbaru yang lebih dulu menggunakan teknologi dalam proses ajar mengajar di kelas, publikasi dan dokumentasi, hingga manajemen data siswa dan universitas. Semua ini menunjukkan bahwa Universitas Muhammadiyah Riau sanggup untuk menjadi universitas yang berkualitas, bermutu, dan mengikuti perkembangan zaman, juga selalu berinovasi dalam memajukan pendidikan masyarakat Indonesia khususnya Pekanbaru – Riau;
  • Preneur – Ini adalah semangat yang membedakan Universitas Muhammadiyah dengan universitas dan perguruan tinggi lain yang ada di Pekanbaru. Universitas Muhammadiyah Riau selalu percaya, bahwa siswa/i kami bukan dididik hanya untuk menjadi yang terbaik di bidang akademis, tapi juga menjadi yang terdepan dibidang Entrepreneur. Lulusan UMRI dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam dunia bisnis selepas mengenyam pendidikan di fakultas dan jurusan yang mereka minati. Tidak hanya nantinya setelah lulus para alumni akan menjadi orang yang berilmu, berakhlak, dan berkualitas untuk bersaing di dunia kerja, mereka juga akan memiliki semangat, wawasan, dan perencanaan yang matang untuk bersaing di dunia bisnis sebagai seorang Entrepreneur. Diharapkan nantinya para alumni kebanggan UMRi akan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat Pekanbaru khusunya, dan bahkan membantu perekonomian secara nasional.

Universitas Muhammadiyah Riau selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi siswa/i bahkan alumni lulusannya, dengan harapan bahwa kualitas ini akan diturunkan ke generasi dan angkatan berikutnya hingga mampu mengembangkan pendidikan di Indonesia sekaligus keMuhammadiyahan secara global. Amin ya rabbal alamin.