Pimpinan Fakultas

Dengan mempertimbangkan aspek efisiensi dan efektifitas pengelolaan, Fakultas Ilmu Komunikasi dipimpin oleh:

Dekan : Drs. Andi Yusran, M.Si
Wakil Dekan : Aidil Haris, S.Sos, M.Si
Ketua Program Studi : Harry Yogsunandar, S.IP
Kepala Tata Usaha : Elya Deni, S.Pt

Sejarah Singkat

Dalam kondisi negara Indonesia yang sedang giat-giatnya membangun, dengan sumber dana yang terbatas maka sarana dan prasarana pendidikan yang dapat disediakan oleh pemerintah terbatas pula. Hal ini mempunyai implikasi terhadap daya tampung lembaga pendidikan pemerintah yang sangat terbatas, sementara minat masyarakat untuk meneruskan studi ke perguruan tinggi semakin meningkat.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam kaitannya untuk berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia maka pendirian Program Studi Ilmu Komunikasi pada Universitas Muhammadiyah Riau di propinsi Riau merupakan salah satu alternatif jalan keluar untuk siswa lulusan SMU/MAN/SMK dan lainnya melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi.

Singkatnya bahwa setelah diterbitkannya Surat Keputusan Pendirian Universitas Muhammadiyah Riau Nomor : 94/D/O/2008 Dengan 10 program studi S-1 (strata satu) dan 3 program studi DIII (diploma tiga), yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 5 Juni 2008, maka Fakultas Ilmu Komunikasi yang mengembangkan program studi Ilmu Komunikasi jenjang strata telah resmi berdiri.

Visi, Misi, dan Tujuan

Pendirian Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi (FASILKASI) dengan konsentrasi Public Relation, Film dan Broadcasting, Jurnalistik, dan Advertising mempunyai visi, misi dan tujuan sebagai berikut :

Visi

Mewujudkan Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai keilmuan dan keterampilan komunikasi dengan landasan iman dan takwa pada tahun 2030.”

Misi

  1. Menyediakan sumber daya manusia yang menguasai keilmuan dan keterampilan dalam bidang komunikasi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Ilmu Komunikasi, meliputi Public Relation, Film dan Broadcasting, Jurnalistik, dan Advertising yang relevan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemerintah.
  3. Mengembangkan Ilmu Komunikasi sesuai dengan perkembangan zaman dalam era globaliasasi di kawasan Propinsi Riau.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan akademis, profesional dalam bidang komunikasi, dan senantiasa menjunjung budaya Melayu dan nilai-nilai Keislaman.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, efesien, efektif dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbudaya Melayu dan bernuansa Islami.