UMRI Peroleh Peringkat 1 Universitas Swasta di Riau Versi Webomatrics

Kampus Utama UMRI

umri.ac.id – Lembaga terbesar di Spanyol Webometrics kembali merilis peringkat terbaik Universitas dunia melalui website universitas. Dalam pemeringkatan The Webomatrics Ranking of World Universities versi Juli 2020 tersebut, UMRI mendapat peringkat pertama Universitas Swasta di Provinsi Riau.

“Kita patut bersyukur UMRI mendapat peringkat 1 Universitas Swasta dari Webomatrics versi Juli 2020, tapi kita tidak boleh berpuas diri,” ungkap Rektor UMRI, Dr. Mubarak, M.Si pada Rabu (5/8/2020) di kampus utama UMRI.

Bapak Mubarak menyampaikan bahwa capaian tersebut menjadi penyemangat seluruh sivitas UMRI untuk lebih giat dalam meningkatkan kinerja di bidang nya masing – masing.

“Beberapa tahun terakhir, UMRI telah mengoptimalkan website sebagai pusat media informasi bagi stakeholder. Semua atas kerja keras seluruh sivitas akademika UMRI. Kita perlu tingkatkan lagi citasi karya ilmiah Dosen, informasi yang terbarukan dan kemudahan pengaksesan,” tambahnya.

Sementara Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) UMRI Evan Fuad, M.Eng menjelaskan indikator yang digunakan Webometrics dalam pemberian penilaian. “Terdapat presence, visibility, transparency dan excellent yang menjadi indikator penilaian tersebut,” ungkapnya.

Presence dimaksudkan pada public knowledge shared dengan ukuran (jumlah halaman) dari domain web utama institusi. Ini mencakup semua subdomain yang berbagi domain web (pusat/utama) yang sama. Kedua Visibility, dimaksudkan web content impact yaitu jumlah jaringan eksternal yang terhubung ke halaman web institusi. Selanjutnya Transparancy, dimaksudkan pada jumlah kutipan dari 210 penulis teratas. Serta Excellent dimaksudkan pada jumlah makalah di antara 10% teratas yang paling banyak dikutip di masing – masing dari 26 disiplin ilmu dari basis data lengkap,” terangnya.

Berdasarkan hasil yang dirilis Webometrics versi Juli 2020 tersebut, UMRI berada jauh di atas universitas swasta lain di Provinsi Riau. Webometrics merilis pemeringkatan rangking universitas di seluruh dunia sebanyak dua periode dalam setahun yaitu pada Januari dan Juli. (rn)