Kuliah Bersama dr. Gamal Albinsaid

Kuliah Online

umri.ac.id dr. Gamal Albinsaid, M. Biomed, CEO Indonesia Medika mengisi kuliah ekslusif UMRI melalui video conference app Zoom pada Sabtu (18/7). Kontribusinya sebagai seorang doktor dan pengusaha sosial membawanya menginspirasi banyak anak muda Indonesia. Tidak hanya menginspirasi, manfaat dari kegiatan sosialnya telah dirasakan oleh masyarakat.

Kuliah online kali ini mengangkat tema “membangun jiwa kepemimpinan bagi generasi muda”. Dalam pemaparannya, dr. Gamal mengungkapkan bahwa pemuda Indonesia telah diberikan tinta emas untuk membangun bangsanya.

Ia juga menjelaskan bagaimana peran pemuda dalam kemerdekaan Indonesia. “Sejarah menunjukkan Budi Utomo dideklarasikan oleh mahasiswa kedokteran. Sumpah pemuda, Chairus Saleh Wikana yang mendesak Soekarno untuk menyegerakan kemerdekaan, sekarangpun dunia dipimpin oleh anak muda,”jelasnya.

dr. Gamal juga menjelaskan beberapa masalah yang terjadi di Indonesia, yaitu masalah kesenjangan sosial, masalah pendidikan dan 1 dari 3 anak Indonesia mengalami stunting. dr. Gamal menambahkan untuk menyelesaikan masalah masyarakat dengan kontak secara emosi. “Selesaikan masalah mereka dengan kontak emosi, sehingga anak muda bisa menghadirkan solusi yang tepat untuk masalah itu,”ungkapnya.

Tidak kalah menarik, dr. Gamal menyemangati mahasiswa dan peserta yang hadir dalam kuliah tersebut. Bahwa tidak ada lift menuju kesuksesan. Yang ada hanya tangga. Anak muda harus kuat ditempa karena orang hebat berasal dari proses itu.

Sosok yang mengidolakan B.J. Habibie tersebut menambahkan bahwa passion harus dilakukan terlebih dahulu, rupiah akan mengikuti. “Lakukan segala sesuatu untuk kebermanfaatan masyarakat banyak dan penuh keikhlasan,”imbuhnya.

Kuliah online ini dimoderatori oleh Sri Fitria Retnawaty, S.Si, MT yang juga Wakil Rektor I UMRI dan dihadiri oleh Rektor UMRI, Dr. H. Mubarak, M.Si yang menyampaikan welcome speech nya pada pembukaan acara. (rn).