UMRI Menjadi Rekanan UNRI pada pelaksanaan UTBK 2020

Penandatangan kerja sama oleh Rektor UMRI

Umri.ac.id Tim Pelaksana Pusat Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Riau (UNRI) jalur penerimaan mahasiswa baru Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Perguruan tinggi atau sekolah mitra pada 1 Juli 2020. Universitas Muhammadiyah Riau dipilih menjadi salah satunya.

Pada penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, Tim pelaksana ini sekaligus memberikan arahan kepada penanggung jawab dan wakil penanggung jawab lokasi ujian untuk persiapan pelaksanaan UTBK-SBMPTN pada 5 Juli 2020 nanti.

“Pelaksanaan UTBK tahun 2020 ini akan dilaksanakan pada tanggal 5-14 Juli 2020 mendatang dengan peserta UTBK tahun ini sebanyak 15.892 orang. Kita sudah siap melaksanakan UTBK, dari aspek sarana maupun prasarana, dengan menyesuaikan protokol kesehatan,” jelas Prof. Dr. M. Nur. Mustafa, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI dalam arahannya.

Lebih lanjut, kata M Nur, pada pelaksanaan ujian UTBK-SBMPTN tahun ini peserta wajib mengikuti protokol Covid-19 yang ditetapkan dalam dokumen Protokol Pelaksanaan Tugas Panitia Pusat UTBK PTN dalam kondisi pandemi Covid-19.

Rektor UNRI Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi DEA, dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan sebanyak dua tahap, tahap pertama dimulai pada tanggal 5-14 Juli 2020 dan tahap kedua dimulai tanggal 20-29 Juli 2020 dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi.

“Seluruh pelaksanaannya tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Tentu agar UTBK pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri berjalan lancar. Maka tak heran jika jadwal sebelumnya hanya dibagi menjadi satu tahap saja, kini dibagi dua tahap,” ungkapnya. Prof. Aras menambahkan bahwa pelaksanaan tes di tengah pandemi menjadi tantangan baru bagi kita semua. Menaati seluruh protokol kesehatan dan memastikan kebersihan tetap terjaga menjadi perhatian bagi panitia dan peserta secara keseluruhan.

Dalam acara tersebut, hadir pula Rektor UMRI Dr. Mubarak, M.Si yang juga menandatangani kerja sama ini. UMRI telah menyediakan beberapa ruangan laboratorium komputer yang sedianya akan digunakan untuk UTBK 2020. Ruangan tersebut berada di lantai 4 Gedung A.R. Sutan Mansyur Kampus Utama UMRI. Segala protokol kesehatan telah disiapkan oleh panitia UMRI mulai dari sterilisasi ruangan, penyediaan handsanitizer, air dan sabun, serta pengadaan thermal scanner bagi peserta, pengawas dan panitia. (rn)