SKK Migas – PT CPI Gandeng UMRI dalam Pengadaan Air Bersih bagi Masyarakat

Peresmian Sumur Air Bersih Minas Timur

Lembaga penelitian dan pengabdian (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau bersama SKK Migas - PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) meresmikan pembangunan sumur dan tangki penampung air bersih di Kampung Minas Timur, Kecamatan Minas Timur, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, pada Selasa (23/6). Acara tersebut diadakan dengan standar protokol kesehatan yang ketat.

Program investasi sosial PT CPI bekerja sama dengan UMRI di Kampung Minas Timur tersebut mendapat sambutan positif dari warga. “Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan bantuan moril dan materil. Dulu kami mengalami kesulitan untuk menemukan air bersih sampai kedalaman 200 m sekalipun,” kisah salah satu perwakilan dari masyarakat, Khairul.

Lebih lanjut, GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin mengungkapkan rasa hormat dan bangga terhadap teknologi yang ditawarkan UMRI untuk membantu pengadaan air bersih di kampung Minas Timur ini. “Berkat bantuan UMRI, kita bisa temukan air bersih tidak lebih dari 118 m. Program ini merupakan pilot project yang berhasil,” ungkapnya dalam sambutan. “Kami menyadari kebutuhan air bersih di masyarakat meningkat karena kondisi kita saat ini yang mengharuskan penerapan hidup dan bersih,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor UMRI, Dr. H. Mubarak, M.Si. "Kami senang bekerja sama dengan Chevron untuk kesekian kali. Dengan teknologi dan presisi yang tepat untuk menemukan sesuatu yang sangat dibutuhkan masyarakat," ungkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri Bupati Siak, Drs. H. Alfedri, M.Si. Beliau menyampaikan perlunya perusahaan, pendidikan dan pemerintah bersinergi untuk kesejahteraan masyarakat. “Terima kasih kepada UMRI dan Chevron atas teknologi dan pengadaan peralatan yang tepat guna. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya mengakhiri sambutan.

Acara tersebut ditutup dengan penandatanganan serah terima oleh PT CPI kepada Kepala Kampung Minas Timur, Bapak Anas, dan disaksikan oleh Bupati Siak, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau dan Camat Minas. Dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya sumur air bersih Kampung Minas Timur. (rn)