FSI UMRI Adakan Kajian Online Ramadhan Di Masa Pandemi

kajian online

Kondisi pandemi mengharuskan masyarakat untuk tidak mengadakan acara yang mengundang banyak orang secara offline. Begitu juga dengan kajian Ramadhan yang selalu dilakukan menjelang waktu berbuka. Kendati demikian, Fakultas Studi Islam (FSI) mengadakan kajian online secara rutin selama bulan Ramadhan sejak 24 April 2020 hingga 23 Mei 2020 nanti. Kajian dilakukan selama 45 menit mulai pukul 16.00 – 16.45 WIB melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini diinisiasi oleh FSI bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI). Narasumber dalam kajian ini merupakan Dosen FSI (Prodi Perbankan Syariah, Psikologi Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) juga para Muballigh Muhammadiyah seta Ustadz/Ustadzah yang berkompeten sesuai tema kajian. Tema – tema yang dipilih meliputi aqidah, syariah dan muamalah yang relevan dengan bulan Ramadhan saat ini.

Moderator kajian sekaligus Wakil Dekan FSI Mohd. Ario Wahdi Elsye mengatakan FSI membuat program tersebut bertujuan agar bulan Ramadhan kali ini tetap diisi dengan kajian – kajian yang dapat mengingkatkan pengetahuan  dan produktivitas meskipun hanya dari rumah saja.

“intinya kita bekerja sama dengan dosen - dosen FSI dan pihak-pihak berkompeten agar tetap menyampaikan kebaikan – kebaikan di masa pandemi seperti ini. Sampai saat ini Alhamdulillah tidak ada halangan karna sebenarnya kajian online juga sudah dilakukan hanya saja di masa seperti ini menjadi lebih masif,”ujarnya.

Ario menambahkan sejauh ini kajian online Ramadhan disambut baik oleh Dekan FSI Dr. Syahrullah, pihak universitas juga mahasiswa yang menyempatkan menghadiri kajian dari rumah masing-masing. Dari tema – tema yang dipilih seperti kewajiban dan manfaat Ramadhan, cara menghadapi wabah covid-19 dalam sudut pandang psikologi, kesehatan dan Islam, kajian seputar ekonomi Islam serta lain sebagainya, diharapkan dapat memberikan pengetahuan Iman Islam kepada masyarakat. (rnh/uptpromosi).