Tips agar Tetap Enjoy Selama #dirumahaja

Foto (Internet)

Hampir satu bulan self-isolation alias beraktifitas di rumah berlangsung. Sejak dikeluarkannya surat edaran Rektor pada 17 Maret 2020 lalu, segenap sivitas UMRI beraktifitas melalui jarak jauh.

Hal itu didasari dari himbauan Pemerintah kepada masyarakat untuk meminimalisir aktifitas di luar rumah. Kampanye #dirumahaja menjadi viral untuk memaksimalkan isolasi diri guna memutus penyebaran virus yang begitu cepat.

Pada awal pelaksanaannya, aktifitas dalam jaringan (daring) dari rumah disambut dengan antusias. Belakangan, semangat  tersebut mulai memudar seiring dengan kondisi ini tidak diketahui kapan berakhir. Alih-alih menjadi menyenangkan khususnya bagi kaum rebahan, justru kelamaan di rumah membuat sejumlah orang mulai suntuk dengan ruang gerak yang cenderung  terbatas.

Kami melakukan survey sederhana kepada mahasiswa UMRI beberapa waktu lalu. Mayoritas mahasiswa mengatakan tengah merasakan kebosanan lantaran perkuliahan tanpa tatap muka terasa monoton. Sebagian lagi merasakan rindu untuk  beraktifitas di kampus.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu tetap enjoy selama #dirumahaja. Simak yuk.

  1. Manfaatkan media sosial yang kamu gunakan untuk bisa terhubung dengan rekan, sahabat, saudara dan komunitas lainnya. Kamu bisa menjadwalkan untuk melakukan videocall dengan mereka.
  2. Selama di rumah saja, tidak ada salahnya untuk mengikuti acara TV yang sudah lama kamu tidak ikuti.
  3. Usahakan untuk berolahraga di rumah untuk meningkatkan mood kamu. Sedikit atau tanpa aktifitas di rumah akan membuat kamu lebih lamban dan rendah energi loh. Jadi bawaannya loyo terus. Kamu bisa kosongkan ruangan rumahmu atau memanfaatkan halamannya. Dengan mengikuti video instruksi, kamu bisa melakukan yoga, senam dan gerakan menyenangkan lain.
  4. Berada di rumah dapat mewadahi lebih banyak untuk menghabiskan waktu dengan hobimu, misalnya musik, membaca, menulis, seni, kerajinan, editing dan lain sebagainya. Kamu bisa tentukan aktifitas produktif apa agar nantinya kamu bisa melihat hasil karyamu setelah karantina diri ini.
  5. Buatlah ruangan yang nyaman dan pencahayaan yang cukup agar mood kamu lebih baik. Sebisa mungkin, hindari kasur dan bantal ya.
  6. Terakhir, ini waktunya kamu memperbaiki kualitas ibadahmu. Buat list ibadah sunnah yang harus kamu lakukan dan check-list sebagai motivasi. 

Nah, itulah tips dan treaks yang bisa diikuti biar kamu tetap enjoy selama #dirumahaja. Kamu bisa lho share pengalaman mu selama #dirumahaja yang terbukti meningkatkan moodmu ke teman-teman lain. Jangan lupa share dan mention media sosial UMRI ya. (rnh)