Langka  Akibat Corona, Prodi Kimia UMRI Produksi Hand Sanitizer

Dokumentasi (16/3/2020)

umri.ac.id - Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) membuat hand sanitizer berlabelkan UMRI sanitizer. Produk ini menjadi alternatif yang belakangan sangat langka di pasaran akibat mewabahnya virus corona. Produksi hand sanitizer tersebut dilakukan oleh prodi kimia yang dipimpin oleh Rahmadini Syafri, B.Sc, M.Sc bersama sejumlah mahasiswa prodi kimia.

“Bahan baku yang digunakan dari ethanol 96%, glycerin sebagai pelembut kulit, antiseptik dan minyak esensial,” ungkapnya pada Ahad (15/3/2020) melalui sambungan telpon.

Rahma menambahkan bahwa timnya telah membuat sebanyak lima varian diantaranya aroma lavender, lemon, stoberi, tea-tree dan jasmine. Rencananya, produksi pertama ini akan menyuplai kebutuhan UMRI dalam penyediaan hand sanitizer di setiap sudut area kampus.

Menurut Wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty akan ada kemungkinan hand sanitizer buatan prodi kimia UMRI dibagikan ke pihak luar setelah mendapatkan BPOM dari Dinas Kesehatan. Tujuannya membantu kebutuhan masyarakat di tengah langkanya produk tersebut di pasaran. “kita akan fokus penggunaannya pada internal UMRI terlebih dahulu. Pengajuan ke BPOM sudah kami wacanakan,”ungkapnya dalam konferensi pers pada Senin (16/3/2020) di kampus UMRI.

Saskia, seorang yang sudah mencoba mengaku antiseptik buatan prodi kimia UMRI cukup nyaman digunakan. “tidak kalah seperti hand sanitizer yang ada di pasaran,” katanya. (Upt. Promosi)