Antisipasi Penyebaran Covid-19, UMRI Luncurkan 4 Sistem Layanan Terpadu

Dokumentasi (16/3/2020)

umri.ac.id - Pandemi covid-19 atau coronavirus telah meresahkan masyarakat sejak akhir tahun lalu. Sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebarannya yang begitu masif, UMRI mempersiapkan layanan berbasis online demi mendukung kegiatan sivitas UMRI tetap berjalan dengan baik di tengah-tengah merebaknya virus corona.

Pada 16 Maret 2020, UMRI meluncurkan 4 sistem layanan demi menunjang kegiatan akademik maupun non-akademik, diantaranya SiPaTu online, SiJaMu online, SiRaTu online dan SiLaT online. Sistem pertama, SiPaTu online merupakan sistem layanan akademik terpadu. Sistem ini membantu segala kebutuhan administrasi mahasiswa mulai dari pengajuan surat bersifat akademik hingga approval-nya. Sistem ini telah terintegrasi dengan akun masing – masing mahasiswa. Selanjutnya, SiJaMu online. Sistem ini merupakan sistem penjamin mutu yang tetap memonitoring kegiatan akademik secara online. Bertujuan agar kualitas belajar – mengajar tetap berlangsung baik. Lalu, SiRaTu online yang merupakan sistem seminar terpadu. Dimana nantinya, kegiatan seminar penelitian mahasiswa mulai dari pengajuan hingga laporan hasil dilakukan menggunakan sistem ini sehingga meminimalisir adanya mass gathering di kalangan sivitas UMRI. Dan yang terakhir, SiLaT online. Sistem ini merupakan sistem layanan terpadu yang mendukung berjalannya kegiatan non akademik segenap sivitas UMRI.

Wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty, S.Si, MT. mengatakan bahwa UMRI saat ini sedang fokus dalam mendukung pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan kampus. “Kita berupaya untuk mencegah penyebaran virus corona di sivitas UMRI. Namun kita juga perlu memastikan segala aktifitas kampus tetap berjalan dengan baik. Maka UMRI melahirkan empat sistem ini, agar semuanya dapat berjalan seimbang,” ungkapnya saat ditemui pada Senin (16/3/2020).

Fitria menambahkan bahwa sistem tersebut akan terus dievaluasi kebermanfaatannya bagi tiap sivitas UMRI. Sehingga tidak menutup kemungkinan sistem akan mengalami pembaharuan kedepannya.

Upaya UMRI ini menindaklanjuti sehubungan dikeluarkannya surat edaran terkait dengan upaya pencegahan perkembangan dan penyebaran virus corona covid-19 bernomor 3 tahun 2020 di satuan pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Senin 9 Maret 2020. Juga edaran surat maklumat PP Muhammadiyah nomor 02/MLM/I.0/H/2020 tentang wabah corona virus disease. Sebelumnya Rektor UMRI juga telah mengeluarkan himbauan berupa surat edaran kesiapsiagaan dini menghadapi covid-19 kepada segenap sivitas UMRI pada 3 Maret 2020 lalu. Langkah – langkah tersebut menjadi bentuk keseriusan UMRI dalam mencegah penyebaran wabah covid-19 di lingkungan kampus. (Upt. Promosi)