Kuliah umum UI/UX in Industry 4.0 Doctoral Degree Research Topic Discussion

Penulis : Tim Web UMRI || 10 Dec 2019 | 15:56 WIB
Kuliah umum UI/UX in Industry 4.0 Doctoral Degree Research Topic Discussion

umri.ac.id - Industry 4.0 nama yang diberikan pada trend saat ini tentang otomasi dan pertukaran data. Sejarah revolusi Industry1.0 bermula tahun 1784. Berlanjut pada Industry 2.0 yang bermula pada tahun1870 ditandai dengan pengunaan mesin pada suatu pabrik. Semakin berkembang dengan adanya Industry 3.0 bermula tahun 1969 ditandai dengan bermuncul nya elektronika. Dan saat ini kita berada dalam era Industry 4.0 bermula dengan adanya internet dengan segala kemudahan.

Industry 4.0 melibatkan sistem siber-fisik, lot, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Sementara User Intface (UI) dan User Experience (UE) dirasa sangat penting.

Dalam pemaparan Ir Paulus Insap Santosa M.Sc,. Ph.D., IPU selaku narasumber utama mengatakan, di dunia saat ini pelaksanaan UI / UX yang efektif telah membuat perubahan drastis pada pengembangan aplikasi seluler.

Sementara itu jalannya kuliah umum dipandu oleh Moderator Evans Fuad, S.Kom., M.Eng.

Lebih lanjut dalam pemaparannya Paulus Insap Santosa mengatakan User Interface (UI) dan User Experience (UX) menghadirkan  desain aplikasi seluler yang tidak hanya berfungsi sempurna namun mudah digunakan. Baru-baru ini, UI / UX telah memperlihatkan perkembangan yang signifikan pada aplikasi seluler baik itu aplikasi e-commerce atau aplikasi game.

UX atau User Experience adalah Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam interaksi antara pengguna dan produk.Tujuan paling penting dari setiap aplikasi seluler adalah interaksi yang lancar antara pengguna dan aplikasi.

Sedangkan UI atau User Interface lebih kepada tampilan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.

Aplikasi mobile yang sukses dalam kacamata pengguna adalah tentang interaksi  aplikasi yang menyenangkan dan ramah. Secara visual aplikasi harus memikat, memastikan keseimbangan antara User Experience dan User Interface. Oleh karena itu, perusahaan harus memilih tim pengembang aplikasi seluler yang dapat menggabungkan UI dan UX secara efektif.

Lebih lanjut Paulus Isap Santosa mengatakan, inti dari bisnis apapun adalah menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan berguna bagi audiens yang datang untuk membuat aplikasi mobile.

UI atau User Interface adalah ilmu tentang tata letak grafis suatu web atau aplikasi. Cakupan UI adalah tombol yang akan diklik oleh pengguna, teks, gambar, text entry fields, dan semua item yang berinteraksi dengan pengguna. Termasuk layout, animasi, transisi, dan semua interaksi kecil.

UX adalah orang yang membuat produk yang bermanfaat dan memvisualisasi user flow menjadi desain produk yang teruji dan indah. Desainer UX akan bekerja sama dengan tim-tim lain untuk mencari titik temu antara kebutuhan pengguna, tujuan bisnis dan kemajuan teknologi. Titik temu tersebut kemudian dijadikan sebuah produk yang bermakna, berguna, dan menyenangkan. 

Dimasa yang akan datang sektor peternakan dan pertanian. transfortasi, sekolah, pasar, Industry dan rumah sakit akan mengunakan sistem komputer sehingga akan mempermudah pekerjaan manusia.

Sebelumnya kuliah umum dibuka oleh Wakil Rektor III Dr Taswin Yacob, Sp. S.

 "Selamat datang dikampus Universitas Muhammadiyah Riau Narasumber Ir. Paulus Isap Santosa M.Sc,. Ph.D., IPU dari Universitas Gadjah Mada, jarang-jarang pakar Informatika menyempatkan hadir untuk mengisi kuliah umum di UMRI. Dan bagi mahasiswa untuk dapat mengambil manfaatnya," ungkap Warek III di Ruang Aula Kampus Utama Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Senin (9/12/2019).

"Dengan hadirnya beliau ini kita berharap mampu memberi pencerahan dan ilmu yang bermanfaat untuk mahasiswa kita dalam menghadapai revolusi Industri 4.0," tutup Warek III

Sementara itu Kuliah umum dihadiri ratusan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer yang berlangsung di Ruang Aula Kampus Utama UMRI, Senin (9/12/2019) berlangsung hingga petang.

Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas ilmu Komputer Harun Muhtar, S.Kom,. M.kom, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dosen STMIK Hang tuah, Direktur Politeknik Caltex Riau dan Mahasiswa. (Upt. promosi)