Tim PKM Prodi Ekonomi Pembangunan UMRI Lakukan Pengabdian Kampoeng Rabbits Tenayan Raya

Penulis : Tim Web UMRI || 14 Nov 2019 | 16:20 WIB
Tim PKM Prodi Ekonomi Pembangunan UMRI Lakukan Pengabdian Kampoeng Rabbits Tenayan Raya

umri.ac.id  - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di Kampoeng Rabbits Kelurahan Mentangor Kecamatan Tenayan Raya dalam bentuk diklat pengembangan pariwisata.

Dalam sambutan Lurah Mentangor menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan (EP) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) sangat bermanfaat dan sebisa mungkin dilakukan kembali agar masyarakat paham dengan rencana rencana yang akan dilakukan oleh Fitri dan Kelurahan.

Untuk diketahui bahwa Kampoeng Rabbits Mentangor merupakan tempat wisata edukasi yang spesifik menyediakan kelinci sebagai hiburan. Kegiatan Kampoeng Rabbits yang dikelola oleh Fitri ini sudah berlangsung selama 2 tahun.

Fitri memulai usaha ini dari hobby memelihara kelinci. Saat ini owner kampoeng Rabbits Mentangor, dalam pengelolaannya sedang melakukan pengembangan dengan menyediakan kolam renang sekaligus melakukan penataan disekitar lingkungan tempat wisata.

Selain budi daya, Fitri juga menerima supply kelinci dari orang lain terutama warga sekitar. Selain untuk hiburan bermain daging kelinci juga bisa diolah untuk dikonsumsi. Diantaranya bisa di sate dan sedang dicoba untuk diolah dalam bentuk abon. Upaya yang dilakukan oleh Fitri sejalan dengan arah kebijakan pemprov Riau 2020 yaitu pembangunan SDM, infrastruktur dan pariwisata.

Sebagai narasumber dalam diklat tersebut, Mizan Asnawi menyampaikan bahwa gagasan yang dimunculkan oleh Fitri ini layak di dukung agar banyak memberikan manfaat dan sukses bagi warga masyarakat sekitar dan pemerintah.

Hadir bersama dalam kegiatan diklat tersebut dari tim prodi Ekonomi Pembangunan Neng Murialti, Dwi Widiarsih, Fikry Hadi dan Jeky. Sedangkan dari tim Mampoeng Rabbits hadir Fitri, Lurah Mentangor serta warga masyarakat sekitar lingkungan Kampoeng Rabbits. (Upt.promosi)