Perbankan Syariah UMRI Peringati Hari Keuangan Nasional 2019 bersama Pelajar SMK Bina Profesi Pekanbaru

Penulis : Tim Web UMRI || 06 Nov 2019 | 12:16 WIB
TIM Dokumentasi UMRI

umri.ac.id - Dalam rangka memperingati Hari Keuangan Nasional yang jatuh pada 30 Oktober 2019, dosen dan mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Studi (FSI) Islam Universitas Muhammadiyah Riau (umri) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Melalui gerakan penyerahan hasil pengumpulan donasi uang logam dan uang lusuh serta melaksanakan “Sosialisasi Stop Penolakan Uang Logam dan Gunakan Uang Dengan Bijak” dihadapan puluhan pelajar SMK Bina Profesi Pekanbaru.

Sementara itu Riyanto, M.Kom Kepala Sekolah SMK Bina Profesi menyambut dengan baik kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai sarana edukasi bagi siswanya agar lebih cermat dalam menggunakan uang.

Disampaikan Mohd. Ario Wahdi Elsye, M.E mewakili Dosen Program Studi Perbankan Syariah UMRI menyampaikan bahwa, seharusnya kita bisa lebih bijak memperlakukan dan menggunakan uang.

Lebih lanjut Ario mengatakan beberapa pekan sebelumnya mahasiswa Perbankan Syariah telah melaksanakan kegiatan pengumpulan uang koin dan uang lusuh, selanjutnya uang yang terkumpul di donasikan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku setiap orang yang sengaja merusak, memotong, menghancurkan dan mengubah nilai rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan rupiah termasuk tindakan pidana, merujuk kepada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 Pasal 35 ayat pertama. Sanksi atas pelanggaran ketentuan tersebut adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp.1.000.000.000,-(satu milliar Rupiah).

Himbauan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat uang serta digunakan secara baik. Hal ini dimaksudkan agar uang rupiah terjaga layak edar di masyarakat. Untuk merawat dan menjaga rupiah melalui metode 5 Jangan yaitu, Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi, demikian pemaparan Putri Jamilah, M.E.K sabagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini Dosen, mahasiswa/i Program Studi Perbankan Syariah, Kepala Sekolah dan Guru serta siswa/I SMK Bina Profesi Pekanbaru.

Diharapkan dihari Keuangan Nasional 2019 dan sosialisasi ini setiap masyarakat dapat menjaga kelayakan uang yang beredar, tidak ada penolakan terhadap uang logam serta bijak dalam menggunakan uang. (upt.promosi)