Ikuti Program PLP, FKIP UMRI Turunkan Mahasiswa ke Sekolah Mitra

IMG_8473

umri.ac.id – Puluhan Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi (PRODI) Pendidikan Informatikan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) ikuti program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Pada Senin, (9/9/2019).   

Acara pelepasan dibuka oleh Dekan, Edi Ismanto, S.T., M.kom berlangsung di Kampus Utama UMRI, Senin, (9/9/2019) pagi.

Acara pelepasan tampak berbeda dari tahun lalu pasalnya jumlah mahasiswa dan sekolah mitra yang mengikuti program tersebut mengalami peningkatan.

 

Ia menjelaskan program PLP merupakan matakuliah wajib yang harus diikuti setiap mahasiswanya. Selain itu juga merupakan bentuk implementasi kelimuan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan.

“Program ini (PLP) merupakan bentuk pengimplentasian seluruh ilmu yang didapatkan selama diperkuliahan, iya benar ini program yang wajib diikuti mahasiswa kita,” ungkap Edi saat ditemui di Ruangannya Senin, (9/9/2019).

Ia berharap kegiatan PLP dapat dimaksimalkan untuk mendapatkan pengalaman didunia pendidikan melalui mengajar langsung di sekolah mitra selama lebih kurang 3 Bulan kedepan.

Sebagai tenaga pendidik yang memiliki kopetensi dibidang kejuruan, program tersebut menjadi sangat penting untuk menghasilkan tenaga pendidik yang menguasai keahlian Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia.

“Kita juga berharapa kesempatan ini dapat dimaksimalkan untuk mahasiswa kita, agar mampu menjadi guru yang memiliki keahlian sesuai bidang keilmuan,” tambahnya.

Sekolah mitra tersebut merupakan sekolah kejuruan se Pekanbaru diantaranya SMK Nurul Falah Pekanbaru, SMK Labor, SMK N 3 Pekanbaru, SMK Muhammadiyah Pekanbaru, SMK Taruna Mandiri, SMK Muhammadiyah 1, dan SMK Muhammadiyah 2.

Sebelumnya telah dilaksanakan pembekalan PLP yang berlangsung Kamis, (9/9/2019) hingga Sabtu, (7/9/2019) berbagai materi diberikan kepada mahasiswa PLP diantaranya materi peningkatan soft skill dan teknik branding FKIP UMRI, Konsep teknik mengajar, Penyusunan perangkat pembelajaran, Pendalaman kompetensi keahlian, Penyusunan laporan, Praktek micro teacing dan materi kepribadian guru Muhammadiyah.

Meski baru PRODI Pendidikan Informatika yang sudah melaksanakan PLP. Ditahun berikutnya Edi menegaskan akan menjalankan program yang sama di PRODI lain seperti Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Elektronika dan Pendidikan Ipa.

Blog Attachment