UMRI Sinergikan Dakwah Persyarikatan dengan PDM dan PCM se Riau

umri.ac.id – Simposium yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dihadiri oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dari 12 Kabupaten di Provinsi Riau.

Simposium dengan tema Penguatan Peran Universitas Muhammadiyah Riau Untuk Pengembangan Muhammadiyah di Daerah secara resmi dibuka oleh Rektor UMRI Dr.H. Mubarak, M.Si pada Jum’at (2/8/2019) hingga Sabtu, (3/8/2019) bertempat di Ruang Audiotorium Kampus Utama UMRI.

Kegiatan ini merupakan suatu program yang sebelumnya sudah direncanakan UMRI guna untuk menyampaikan amanah kepercayaan masyarakat yang dilimpahkan kepada UMRI.

Kemajuan UMRI dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang menunjukan grafik meningkat juga dibuktikan dengan Akreditasi dari Kemenristekdikti, demikian yang disampaikan Rektor saat mengawali sambutannya.

Dalam sambutannya Rektor mengungkapkan Persyarikatan Muhammadiyah di Daerah menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan UMRI yang merupakan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM).

“Majunya UMRI tidak lepas dari peran bapak-bapak sekalian dalam mensyiarkan UMRI di Daerah melalui Pimpinan Cabang dan Pimpinan Daerah,” kata Rektor.

Terselenggaranya simposium tersebut dalam hal saling berkontribusi antara AUM dan Parsyarikatan perlu adanya gagasan-gagasan yang perlu disampaikan dari PCM dan PDM kepada AUM dalam memajukan Persyarikatan Muhammadiyah.

“Seperti apa kontribusi UMRI terhadap Persyarikatan Muhammadiyah? Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan bahwa AUM maju bersama Persyarikatan dan Persyarikatan maju bersama AUM,” jelas Rektor saat membuka acara simposium Sabtu, (3/8/2019) bertempat di Ruang Audiotorium Kampus Utama Umri.

Selain itu Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau Prof. M. Nazir, MA senada dengan Rektor UMRI mengatakan harus adanya sinergi antara Persyarikatan Muhammadiyah dengan AUM seperti UMRI.

“Muhammadiyah sebagai Persyarikatan. Sejauh mana amal usaha Muhammadiyah untuk mengembangkan Persyarikatan khususnya di daerah dan sejauh mana Muhammadiyah mengembangkan AUM dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Riau,” kata Prof.Dr. M.Nazir, MA saat memaparkan materi berjudul Peran AUM Dalam Mengembangkan Persyarikatan.

Selain Prof. Dr. M. Nazir, MA materi juga disampaikan oleh H. Taswin Yacob, Sp.S., Jakiman SW, S.Pd, MM., Dr. Santoso,  M.Si dan Dr. M Syahrullah.

Dalam acara pembukaan juga dihadiri Wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty, S.Si., MT, Wakil Rektor II Bakaruddin, SE., MM, Wakil Rektor III Dr. Taswin Yacob, Sp.s, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Israwati Harahap, M.Si, dan Biro Administrasi Keuangan Umri Siti Samsiah, SE.,M.Ak, serta seluruh Dekan dilingkungan UMRI. (upt.promosi)