Turunkan Dosen Mengajar di Sekolah, FKIP Umri Gelar Workshop PDS

 umri.ac.id – Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (Fkip) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri)  gelar  Workshop  Penugasan Dosen Kesekolah (PDS), Kamis,  (25/7/2019).

Workshop berlangsung di Grand Suka Hotel Pekanbaru tersebut mengusung tema “Penguatan Strategi Pembelajaran Bagi Dosen dan Guru Dalam Mensukseskan Program Penugasan Dosen Ke Sekolah”.

Workshop tersebut digelar untuk persiapan kematangan bagi dosen yang akan melaksanakan program kegiatan PDS 2019.

Selain dosen, acara workshop juga dihadiri perwakilan guru mitra tempat pelaksanaan PDS. Dalam acara peserta tampak antusisas mengikuti workshop yang disampaikan oleh Drs. H. Promadi, MA, Ph. D

Sebelum acara workshop dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan Memorandum of agreement (MoA) antara  Fkip Umri dengan sekolah mitra.

Tahun 2019 Fkip Umri akan melaksanakan program kegiatan penugasan dosen ke sekolah batch 2.

Edi Ismanto, S.T, M.Kom selaku Dekan Fkip Umri menjelaskan PDS merupakan program yang diikuti oleh dosen yang akan terjun ke sekolahmitra. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman bagi para dosen untuk berkolaborasi dengan guru di sekolah mitra.

Selain itu dosen yang ditugaskan kesekolah diharapkan memahami perkembangan dan karakteristik peserta didik, pengelolaan pembelajaran yang baik disekolah serta menghayati pengalaman sosio kultural yang ada di sekolah.

“Kita berharap dengan adanya program kegiatan PDS diharapkan mampu memberikan pengalaman bagi para dosen untuk berkolaborasi dengan guru di sekolah mitra. Selain itu juga dapat memahami perkembangan dan karakteristik peserta didik, pengelolaan pembelajaran yang baik disekolah serta menghayati pengalaman sosio kultural yang ada di sekolah,” jelas Edi.

“Sebelum dosen kita turunkan ke sekolah mitra sebagi upaya dalam penguatan pembelajaran agar bisa berkolaborasi dengan guru kelas, sebelum kegiatan ini kita sudah melaksanakan sosialisasi program terhadap dosen dan guru,” ungkapnya

Sementara itu kegiatan ini dibagi menjadi 2 skema yaitu skema kegiatan A dan skema B, dimana skema A kita turunkan bagi dosen-dosen Fkip Umri yang belum pernah turun mengajar kesekolah,

Sedangkan skema B diperuntukan bagi dosen yang sebelumnya sudah ditugaskan pada sekolah mitra agar mengimplementasikan pengalaman mengajar disekolah terhadap mahasiswa yang diajar di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (Lptk) Fkip Umri. Kegiatan tersebut dijadwalkan akan berjalan selama lebih kurang 2 bulan dengan pertemuan minimal 8 kali.

“Semoga kegiatan tersebut  bermanfaat untuk memperluas wawasan dan pemahaman tentang persekolahan, mengetahui dinamika pendidikan disekolah secara langsung yang teraktualisasi ke dalam program perkuliahan serta pengimplementasian  berbagai model pembelajaran antara dosen dan guru disekolah,” harap Edi.

Selain itu kegiatan tersebut juga dimaksimalkan sebagai upaya pengenalan Program Studi (Prodi) kepada pihak sekolah dan masyarakat luas dengan tujuan pemberian informasi. Sampai saat ini Fkip Umri sendiri sudah memiliki 4 Program Studi diantaranya program studi Pendidikan Informatika KomputerS1, Pendidikan Bahasa Inggris S1, Pendidikan IPA S1, dan Pendidikan Vokasionla Elektronika S1.

Dalam sambutannya Edi juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktorat  Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti, pihak Rektorat Umri serta sekolah mitra yang telah mendukung  penuh kegiatan.

Turut menghadiri kegiatan Dekan Fkip, Seluruh Kepala Prodi Fkip, Dosen peserta PDS, serta perwakilan  guru mitra tempat pelaksanaan PDS. (upt.promosi)

Blog Attachment