UMRI SEGERA DIRIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN

umri.ac.id – Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) percepat pendirian Fakultas Kedokteran setelah satukan kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kabupaten Bengkalis, Selasa (23/7/2019).

Cita-cita Umri yang akan mendirikan Fakultas Kedokteran menemui titik terang hal tersebut disampaikan Dr Taswin Yacob Sp.,S selaku Wakil Rektor III Umri dalam pertemuan rapat bersama Direktur Rsud Bengkalis  Dr Ersan Saputra Th.

Taswin mengatakan persyaratan pendirian fakultas sesuai borang harus memiliki bukti fisik berupa Mou dengan bupati dalam hal ini Bupati Bengkalis, Kedua harus memiliki Perjanjian Kerja Sama (Pks) antra Pihak Umri dengan Rsud Bengkalis, Ketiga memiliki rumah sakit pendidikan atau minimal kerjasama dengan rumah sakit setempat untuk dijadikan tempat pendidikan para mahasiswa kedokteran.

“Umri sepakat bersama dengan Unri untuk mendirikan fakultas Kedokteran di Umri. Perlu adanya wahana pendidikan klasifikasi B dan Rsud Bengkalis dirasa memenuhi klasifikasi dan matang untuk dipilih sebagai mitra kerjasama,” ungkap Taswin

“Dengan perinsipnya antusias ini menurut saya bagaikan gayung bersambut dalam artian Rsud butuh mitra dan kami pun butuh Rsud,” imbuh Taswin.

Sementara itu ditambahkan Rektor Umri Dr.H Mubarak M.S,i ditempat yang sama mengatakan persiapan dan persyaratan sudah dikantongi Umri seperti izin dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pusat dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Sementara itu Rsud Bengkalis yang berlokasi di Jalan Kelapapati Tengah, No.90 Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis sebelumnya pada tahun 2005 hingga awal tahun 2007 dikelola oleh Rumah Sakit Malaka dan kembali pada pengelolaan Daerah pada Oktober 2007 berganti nama menjadi Rsud Bengkalis Grand Hospital (BGH) dan ditetapkan sebagai Rsud Akreditasi B Non Pendidikan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes), demikian yang disampaikan Rita Puspa ketika memaparkan sejarah Rsud Bengkalis dihadapan Rektor Umri Dr. H. Mubarak M.Si yang juga disaksikan oleh Wail Rektor I Sri Fitria Retnawaty S.si Wakil Rektor II Bakaruddin, SE., MM Wakil Rektor III Dr. Taswin Yacob, Sp.,s Selasa, (23/7/2019) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat.

Hingga saat ini Rsud Bengkalis yang dikelola oleh Dr Ersan Saputra Th sudah terakreditasi Paripurna pada oktober 2017. Rsud Bengkalis saat ini sedang menuju Akreditasi B Pendidikan yang perlu memiliki beberapa persyaratan salah satunya harus menjadi rumah sakit tempat pendidikan para mahasiswa kedokteran.

“Masalah Sumber Daya Manusia (Sdm) dan kelayakan infrastruktur menjadi tantangan kami di Rsud Bengkalis, dengan adanya mitra kerjasama seperti ini tentunya sangat kami harapkan, kata Rita.

Lebih lajut Rita mengatakan Akreditasi Paripurna bukan akhir dari target pelayanan justru masih banyak yang perlu ditingkatkan terutama mutu kesedian dokter sepesialis di rumah sakit.

Menyikapi hal tersebut Dr Ersan Saputra Th selaku Direktur Rsud Bengkalis menyambut baik keinginan Umri untuk melakukan kerjasama tersebut.

“Perinsipnya saya sangat setuju dengan posisi kita saat ini untuk pendidikan yang lebih baik, konsep kita yang dibengkalis akan kita rubah pak, melalui pengembangan Sdm nya. Jujur saja kita masih membutuhkan Sdm melalui MoU, jelas Ersan Selasa, (23/7/2019) saat meghadiri rapat bersama di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat.

“ Kita juga harus mengembangkan diri otomatis secara internal saya juga dengan teman-teman untuk membuat semacam komite pendidikan didalam nya, imbuhnya.

Kerjasama antar kedua belah pihak akhirnya menemukan kesepakatan, sementara itu penandatangan secara resmi MoU kabarnya akan dilaksanakan secepatnya.

Turut hadir pada rapat tersebut Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Israwati Harahap, M.Si,. (Upt.promosi)

Blog Attachment