Mahasiwa UMRI bersinergi dengan Pemulung Muara Fajar

WhatsApp Image 2019-04-24 at 16.33.49 (2)

Muara Fajar 20/04/2019. Salah satu kelompok Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang, Univeritas Muhammadiyah Riau yang lolos dan didanai oleh Kemenristekdikti tahun 2019 berkunjung ke lokasi pengabdian di RT 03 RW 05 Kelurahan Muara Fajar Timur, Rumbai pada Sabtu, 21 April 2019.

Kunjungan ini bentuk tanggung jawab kelompok PKM Universitas Muhammadiyah Riau atas program yang pengabdian yang telah di setujui dan didanai oleh Kemenristekdikti. Kelompok ini berjumlah 4 orang diantaranya Nurul Safiqah Jonit, Mardona, Sari Wulan dan Gustia Herlianayang dibimbing oleh seorang dosen pembimbing Nadia Fathurrahmi Lawita, B.Com.,MAccBIT.

“Kunjungan kali ni merupakan pengenalan program secara umum, dan meminta kesepakatan mitra ( pemulung) untuk konsisten selama program ini berlangsung sehingga output yang diharapkan tercapai”kata Nurul Safiqah Jonit selaku ketua tim PKM-M (PKM- Pengabdian Masyarakat)

Target dari pengabdian masyarakat ini ialah kepada kelompok pemulung yang ada di sekitar TPA Muara Fajar dimana akan dilakukan pelatihan mengolah sampah plastk menjadi barang jadi yang kemudian dipasarkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang berdampak pada berkurangnya pengangguran sekaligus dapat mejadi sarana untuk menyelamatkan lingkungan dari banyaknya sampah plastik.

“Nantinya akan 7 kali pelatihan atau tatap muka, dimana masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai pemulung ini akan dilatih bagaimana cara pengelolaan sampah plastik menjadi barang ekonomis dan juga bisa membantu menunjak ekonomi masyarakat serta melindungi bumi dari bahaya sampah plastik” Sambung Nurul Safiqah Jonit.

Harapannya kedepan adalah produk hasil olahan pemulung ini dapat diterima masyarakat luas dan sebagai mahasiswa bisa membantu untuk mempromosikan serta mencarikan peluang pasar yang bisa memudahkan masyarakat untuk memasarkan produk mereka.

Blog Attachment