UMRI Menjadi Tuan Rumah “Mendikbud Launching Kegiatan Budaya dan Wirausaha Riua Bertanjak”

1

Pekanbaru (umri.ac.id) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Prof.Dr. H. Muhadjir Effendy me-launching “Pekan Budaya dan Wirausaha Riau Bertanjak” yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Sabtu (2/1/2019) di aula Rektorat Umri.

Acara launching ini dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Sekdaprov Riau, Ahmad Hijazi, Rektor Umri, Dr Mubarak, Wakil Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, dan para pimpinan fakultas di UMRI. Rektor Umri, Dr Mubarak dalam sambutannya menjelaskan sudah tiga tahun Umri menggelar Enterpreuner Award. Untuk tahun ini, kegiatan Umri Enterpreuner Award diperluas lagi skalanya menjadi Pekan Budaya dan Wirausaha dengan tema “Riau Bertanjak”.

“Mengapa tema ini yang kami angkat Pak Menteri, ini karena bagi orang Melayu, tanjak mencerminkan Marwah dan kewibawaan bagi penggunanya. Umri sebagai salah satu institusi pendidikan tentunya punya tujuan yang sama, yaitu mengangkat harkat dan martabat Riau menjadi lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Mendikbud Prof.Dr. H. Muhadjir Effendy memuji kemajuan UMRI yang terus mengalami kemajuan pesat. Ia berpesan kepada seluruh jajaran di Umri untuk terus bersatu padu memajukan universitas ini.

“Kesulitan pasti akan ada, namun di balik kesulitan akan ada kemudahan jika bersungguh-sungguh mengatasinya,” ujar menteri sembari menyitir surat Al Insyirah.

Menteri juga mengapresiasi kegiatan Pekan Budaya dan Wirausaha yang digelar tahun ini dan berharap Umri menjalin hubungan kerjasama yang lebih luas, tidak hanya untuk kemajuan UMRI, tapi juga kemajuan Riau. Pada kesempatan itu, menteri juga diberikan cendera mata berupa tanjak yang merupakan karya mahasiswa UMRI yang kini sedang menggeluti usaha kerajinan pembuatan tanjak.

Tahapan acara Pekan Budaya dan Wirausaha Riau Bertanjak akan berlangsung mulai tanggal 2 Februari hingga nanti puncaknya tanggal 31 Maret hingga 2 April 2019. Adapun rangkaian acaranya meliputi Pemecahan Rekor Muri “Tanjak Terbesar”, Festival Budaya 12 kabupaten/kota, Expo Wirausaha, Umri Enterpreuner Award serta Job Fair dan temu alumni.

Blog Attachment